SOLOPOS.COM - Ratusan mobil Daihatsu Espass terparkir di Lapangan Barepan, Cawas, Klaten, Minggu (5/2/2023). (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Solopos.com, KLATEN – Ratusan pencinta mobil Daihatsu Zebra dan Esspas membanjiri Lapangan Barepan, Kecamatan Cawas, Klaten, untuk menghadiri perayaan ulang tahun (ultah) ke-3 komunitas pencinta Daihatsu dan Espass Klaten Bersinar (Tenar), Minggu (5/2/2023).

Tak hanya menjadi ajang silaturahmi, kegiatan itu sekaligus untuk mengenalkan salah satu potensi unggulan di Cawas khususnya Barepan, yakni musik gejog lesung. Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, kegiatan itu diikuti ratusan pencinta mobil Daihatsu Zebra dan Espass dari 60 komunitas di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Peserta juga ada yang datang dari wilayah Jawa Timur. Kegiatan itu sekaligus menjadi ajang mempererat silaturahmi. Apalagi, gegara pandemi Covid-19 kegiatan tersebut tak bisa digelar secara besar-besaran selama beberapa tahun.

Ekspedisi Mudik 2024

Ketua panitia acara, Sudarto, menjelaskan tak hanya menjalin silaturahmi para pencinta mobil Zabra dan Espass, kegiatan itu digelar sekaligus mengenalkan salah satu potensi kesenian tradisional yang dilestarikan di Barepan, Klaten. Kesenian itu yakni musik gejog lesung.

Ada tiga grup asal Barepan yang tampil menghibur para peserta yang berdatangan. “Suasananya enjoy dan kenapa kami adakan di Lapangan Barepan untuk semakin mengenalkan potensi desa di Barepan,” kata Sudarto saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Desa Barepan dikenal sebagai desa wisata Gejog Lesung. Selama turun temurun, warga Barepan melestarikan kesenian musik gejog lesung. Setiap RW di Barepan memiliki kelompok gejog lesung.

Setiap tahun, pemerintah desa setempat menggelar festival gejog lesung sebagai salah satu cara mengenalkan ikon desa sekaligus melestarikan kesenian tradisional. “Dari 12 RW, ada 14 kelompok gejog lesung di Barepan,” kata salah satu warga Barepan, Jati.

Sebanyak tiga dari belasan kelompok gejog lesung itu tampil saat digelar kopdar komunitas pencinta mobil Daihatsu Zebra dan Espass. Selain semakin mengenalkan musik gejog lesung, kegiatan kopdar itu menggerakkan UMKM di Barepan.

“Tadi suasananya sangat ramai. Lapangan Barepan dipenuhi pencinta mobil Daihatsu,” kata Jati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya