SOLOPOS.COM - Bupati Ponorogo Sugiri sancoko saat beraudiensi dengan sejumlah mahasiswa asal Ponorogo yang kuliah di luar kota, Kamis (12/5/2022). (Istimewa/Pemkab Ponorogo)

Solopos.com, PONOROGO — Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, bakal membangun asrama mahasiswa asal Ponorogo yang sedang kuliah di sejumlah kota besar. Pemkab akan menyediakan anggaran ratusan juta rupiah untuk pembangunan asrama mahasiswa tersebut.

Hal itu disampaikan Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, saat berdialog dengan forum perkumpulan mahasiswa yang kuliah di perantauan di Graha Krida Praja, Kamis (12/5/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sugiri mengatakan pemkab bakal membangun asrama mahasiswa di Jember, Malang, Solo, Semarang, dan Jogja sesuai tujuan kuliah mahasiswa yang ikut audiensi. Setia asrama mahasiswa mendapat jatah pembiayaan sekitar Rp100 juta.

‘’Sekarang ini kami sedang berusaha memberi perhatian kepada adik-adik mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi luar daerah,’’ kata Sugiri yang dikutip dari portal resmi Pemkab Ponorogo.

Baca Juga: 3 Warga Karanganyar Meninggal dalam Laka di Tol Madiun,Ini Identitasnya

Dengan dibangunnya asrama mahasiswa itu, dia berharap mahasiswa bisa memanfaatkannya untuk tempat tinggal maupun untuk tempat berdiskusi serta menggelar kegiatan positif lainnya.

Di asrama mahasiswa tersebut juga akan dilengkapi WiFi yang dibutuhkan para mahasiswa. Asrama itu juga bisa dijadikan tempat berlatih reog dengan melibatkan komunitas seniman di daerah masing-masing.

“Mahasiswa ikut berlatih reog sebagai kesenian asli Ponorogo yang adiluhung,” katanya.

Baca Juga: Jadi Pilot Project, PNM & SMK di Madiun Bikin Kursi KA Pesanan PT Inka

Kepala Dinas Pendidikan Ponorgo, Nurhadi Hanurin, mengatakan penyediaan asrama mahasiswa di sejumlah kota besar tersebut direncanakan terealisasi 2022. Sehingga nantinya lulusan SLTA yang hendak kuliah tidak lagi kesulitan mencari tempat tinggal.

‘’Harus terealisasi tahun ini, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi ke depannya,’’ tegas Nurhadi Hanurin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya