SOLOPOS.COM - Bubur Tupang-Espos/Hijriyah Al Wakhidah

Bubur Tupang-Espos/Hijriyah Al Wakhidah

Suatu pagi, M Firmansyah, 27, warga Gledegan RT 003/RW 006, Kopen, Teras, Boyolali bersama anaknya yang masih balita pergi ke kampung sebelah untuk menyambangi seorang pedagang dhasaran bernama Mbok Warti.
Hanya dengan sebuah meja bambu berukuran 1 m x 2 m, Mbok Warti menjajakan satu panci sambal tumpang dan bubur beras yang ditempatkannya pada sebuah panci gerabah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di sampingnya tertata dengan tidak rapi, lembaran-lembaran daun pisang. Di tempat itu, sudah ada dua orang nenek-nenek dan satu anak berseragam SMP antre untuk dilayani. Sudah pasti, semuanya berburu bubur dan sambal tumpang. Seperti tak bosan, setiap pagi menu itu selalu diburu warga kampung yang tidak terlalu padat penduduk. Tidak ada dua jam, satu panci sambal tumpang yang disajikan selalu ludes.

Sudah bertahun-tahun, Mbok Warti ini menjalani rutinitas paginya dengan memasak bubur dan sambal tumpang. Dua menu ini seolah berjodoh. “Makan bubur tanpa sambal tumpang, rasanya seperti hambar. Memang tidak semua orang menyukai sambal tumpang. Apalagi, sambal ini terbuat dari tempe yang hampir membusuk. Tapi, bagi saya sambal tumpang ini adalah makanan khas daerah saya yang belum saya temui di luar kota,” kata Firmansyah.

Ia juga mengatakan beda wadah beda rasa. “Makan bubur dan sambal tumpang dengan menggunakan piring atau pincuk daun, seleranya juga jadi lain. Lebih mantap pakai pincuk daun,” imbuh dia.

Tidak hanya Mbok Warti. Menurut Siti Rejeki, 52, pedagang sambal tumpang di Jl Melati No 86, Purwosari, Solo, sambal tumpang memang lebih cocok jika dimakan bareng  bubur beras. “Karena, sejak zaman nenek moyang kami, juga seperti itu. Bubur selalu disantap bersama dengan sambal tumpang. Bubur menjadi lebih nikmat untuk dimakan.”

Tapi, kebetulan di warung milik Siti Rejeki, Wedangan Kedai Kita, ia tidak menawarkan menu bubur kepada pelanggannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya