SOLOPOS.COM - LIonel Messi (Dokumentasi)

LIonel Messi (Dokumentasi)

BARCELONA—Bintang Barcelona, Lionel Messi kembali mengukir rekor. Si Kutu memecahkan rekor berusia 40 tahun yang dipegang pemain Jerman, Gerd Mueller, sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu kalender tahun, Senin (10/12) dini hari WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Messi memborong dua gol yang tak hanya mengamankan kemenangan Barcelona dengan skor 2-1 atas Real Betis di Benito Villamarin, namun juga menambah koleksi golnya menjadi 86 gol sepanjang 2012. Gol pertama Messi via aksi individual di menit ke-16 menyamai koleksi gol Mueller.

Hanya berselang sembilan menit, Messi mengukir gol keduanya dari tendangan kaki kiri yang melewati catatan gol Mueller dalam satu kalender tahun di 1972. Meski mengukir rekor baru, seperti biasanya, Messi masih saja merendah.

“Seperti yang sering saya katakan, rekor itu menyenangkan namun hal terpenting adalah kemenangan ini menjaga kami berada dalam jalur yang ingin kami lanjutkan,” ujar Messi dilansir Yahoosports.

“Seperti yang selalu saya katakan, tujuan saya adalah di level tim: kembali memenangi liga, Liga Champions dan Copa del Rey,” imbuh pemain berjuluk Si Kutu. Adapun catatan 86 gol yang diukir Messi sepanjang tahun ini berasal dari 74 gol bagi Barcelona dan 12 gol saat membela Timnas Argentina.

Sementara 85 gol yang dikemas Mueller pada 40 tahun lalu diciptakan untuk Bayern Munich dan Jerman Barat. Messi masih berpeluang menambah koleksi golnya sebelum tahun ini berakhir. Sebelum melewati koleksi gol Mueller, Messi sebelumnya melewati catatan gol legenda sepak bola Brazil, Pele, dalam satu kalender tahun yang mengemas 75 gol bagi Brazil dan Santos di 1958.

Rekor baru ini juga melengkapi kesuksesan striker 25 tahun itu memimpin Barcelona menjalani start terbaik dalam sejarah La Liga. Barca memetik 14 kemenangan dan hanya sekali imbang dalam 15 pertandingan awal musim ini.

Setelah musim lalu Messi mengemas 50 gol di La Liga atau secara total mencetak 73 gol di semua kompetisi, kemoncerannya membobol gawang lawan konsisten berlanjut di musim ini. Messi telah mengukir 30 gol di semua kompetisi bagi Barcelona di musim ini. “Kita tidak akan pernah melihat pemain seperti [Messi],” sebut pelatih Barcelona, Tito Vilanova.

“Tidak hanya karena kemampuannya mencetak gol, tapi juga karena kemampuannya mengumpan, bertahan dan pemahamannya membaca permainan. Dia adalah bintang dunia yang membantu kami dalam banyak cara,” imbuh Vilanova.

Rekor baru ini menggambarkan Messi seolah tak teradang memecahkan rekor demi rekor baru. Sebelumnya, koleksi 73 gol Messi bagi Barca di semua kompetisi pada musim lalu memecahkan rekor gol terbanyak bagi klub di level Eropa yang dipegang Mueller dengan 67 gol di musim 1972/1973. Sementara di level klub dunia, koleksi gol itu memecahkan catatan gol Archie Stark bagi Bethlehem Steel di American Soccer League di musim 1924/1925.

Pada Maret lalu, Messi mematahkan rekor berumur 57 tahun yang dipegang Cesar Rodriguez (232 gol) sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Barcelona. Dia juga menyamai rekor 14 gol dalam satu kalender musim kompetisi Eropa pada musim lalu.

“Leo seorang yang gaib. Dia tidak memiliki batasan. Kami akan selalu mengingat segala yang dia berikan kepada kami. Kami menikmati setiap menit yang kami jalani bersama dia,” kata bek Barcelona, Gerard Pique.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya