Tutup Iklan

Mantap! Mahasiswa UNS Solo Bikin Telur Asin "Anti" Hipertensi

Telur asin kreasi UNS Solo ini rendah sodium, jadi aman untuk penderita hipertensi.

 Telur asin rendah sodium karya UNS Solo. Produk ini dipamerkan di kampus tersebut, Jumat (19/3/2021). (Solopos/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Telur asin rendah sodium karya UNS Solo. Produk ini dipamerkan di kampus tersebut, Jumat (19/3/2021). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO -- Momentum Dies Natalis Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo menjadi ajang memamerkan 36 produk hasil penelitian dan pengabdian masyarakat, termasuk produk telur asin anti-hipertensi.

Dikatakan demikian, karena telur asin kreasi UNS ini rendah sodium. Sodium adalah zat kimia yang terdapat pada garam. Konsumsi sodium dalam jumlah terlalu banyak bisa memicu darah tinggi alias hipertensi.

Produk telur asin rendah sodium ini adalah karya Prodi Ilmu Teknologi Pangan Fakultas Pertanian UNS Solo. Produk ini diklaim aman bagi konsumen yang memiliki riwayat hipertensi.

Baca juga: Inspiratif! Sopir Bus di Jogja Ini Alih Pofesi hingga Jadi Juragan Udang

Inventor telur asin rendah sodium, Setyaningrum Ariviani, menjelaskan dirinya bermitra dengan para perempuan di Desa Delegan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, sejak 2019 untuk memproduksi telur anti-hipertensi ini.

“Pengabdian ini menjadi solusi produk telur yang menjadi faktor risiko hipertensi yang beredar di pasar,” urai dia saat ditemui Solopos.com di sela-sela pameran 36 produk hasil penelitian dan pengabdian masyarakat di halaman gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNS, Solo, Jumat (19/3/2021).

Selain telur asin rendah sodium, pameran hasil penelitian UNS Solo ini juga menampilkan produk Komfera Semar dari Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian. Komfera Semar merupakan pupuk organik dari limbah cabang muda dan daun indigofera tinctoria.

Baca juga: Resmi! Kaesang Kuasai 40% Saham Persis Solo, Kevin 30%, Erick Thohir 20%

Desa Puron, Bulu, Sukoharjo

Inventor Komfera Semar, Maria Theresia Sri Budiastuti, menjelaskan indigofera tinctoria banyak tumbuh Desa Puron, Kecamatan Bulu, Sukoharjo. Ekstrak daun dan cabang muda tanaman ini digunakan untuk pewarna alami. Sedangkan limbah hanya dibuang di lahan pertanian.

“Kami memberdayakan kelompok wanita tani untuk mengolah limbah untuk dijadikan kompos. Kami telah melakukan uji coba dan mampu meningkatkan pertumbuhan dan memperbaiki kualitas tanah,” kata dia.

Produk lainnya yang dipamerkan bersama telur asin rendah sodium adalah makanan tambahan bagi penderita anemia, Jebisakor, dari Fakultas Kedokteran UNS Solo.

Baca juga: Hilang Sehari, Pemuda Karangmalang Sragen Ternyata Meninggal di Sungai

Produk berupa puding dari biji salak, daun kelor, sari jeruk, bubuk agar-agar, gula yang dikemas dalam mika 25 gram. Inventor Jabisakor, Dono Indarto, mengklaim kandungan Fe alias zat besi dan protein dapat membantu penderita anemia serta mencegah stunting bagi remaja perempuan.

“Kami memperoleh bahan baku dari Turi, Sleman. Bahan mudah didapat, harganya murah, dan mudah diproduksi. Tantangan memproduksi puding yaitu menghilangkan rasa kasar pada tepung,” paparnya.

Wakil Rektor UNS Bidang Riset dan Inovasi, Kuncoro Diharjo, mengatakan, terdapat 71 produk yang mendaftar tapi hanya 36 saja yang siap komersial. Dia berharap produk yang diresmikan pada pameran mendorong para peneliti untuk melakukan risetnya secara berkelanjutan.


Berita Terkait

Berita Terkini

Perhutani Kenalkan Penghijauan Sejak Dini kepada 30 Siswa TK

Sekitar 30 siswa mengikuti penanaman pohon di seputaran Embung Pincil, Desa Ngrombo, Kecamatan Tangen, Sragen, Jumat (3/12/2021).

Peserta Karanganyar Tourism Great Sale Bertambah Jadi 197

Jumlah peserta Karanganyar Tourism Great Sale 2021 bertambah menjadi 197 pelaku usaha wisata. Sekitar sepekan yang lalu, peserta baru 90 pelaku usaha wisata.

Festival Payung di Balekambang Solo, Cantik Sekaligus Sarat Makna

Setelah sempat pindah lokasi beberapa kali, festival payung Indonesia (Fespin) kembali digelar di Solo akhir pekan ini.

Angka Covid-19 di Karanganyar Sempat Naik, Prokes Jangan Lengah Lur!

Warga diimbau tidak lengah dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) menyusul adanya kenaikan kasus aktif positif Covid-19 di Karanganyar dalam beberapa hari terakhir.

Hilang, Sepeda Motor Warga Sukoharjo Dijual Si Pencuri di Facebook

Sepeda motor milik Supriyanto, 54, warga Perumahan Pondok Baru Permai, Gentan, Kecamanatan Baki, Sukoharjo digondol maling pada Jumat (3/12/2021).

Alami Kecelakaan Tunggal di Gemolong Sragen, Warga Plupuh Meninggal

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal di jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di Dukuh Grogol, Desa Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, Minggu (5/12/2021).

Baru Belajar Nyetir, Mobil Nyemplung Got di Depan SMPN 6 Sragen

Kecelakaan tunggal terjadi di Depan SMP N 6 Sragen di mana satu unit mobil terperosok ke got akibat sopirnya baru belajar menyetir.

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Santap Kakap Laut, Rasanya Mantul

Setelah mengeksplorasi ekonomi digital di Salatiga dan Kabupaten semarang, Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 mulai memburu kuliner di Kota Semarang, Sabtu (4/12/2021) malam.

Razia Motor Brong di Karanganyar, 26 Orang Ditilang

Sebanyak 26 orang pengendara motor brong di di Jembatan Kragan, perbatasan wilayah Kecamatan Gondangrejo dengan Kebakkramat, Sabtu (04/12/2021) ditilang.

Milad Ke-109, RS PKU Muhammadiyah Solo Mantapkan 8 Nilai Pelayanan

Puncak perayaan milad Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Solo diperingati dengan pengajian bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir secara hybrid.

Asale Sapuangin dan Kisah Sepasang Pengantin di Kemalang, Klaten

Sapuangin menjadi salah satu nama yang terkenal di wilayah lereng Gunung Merapi Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Dari Hikmah Pandemi Menuju Keharusan Transformasi

Kondisi pandemi telah memberikan pelajaran pentingnya melengkapi diri dengan layanan digital.

Kisah Serka Suyanta, Setiap Hari Bagi-Bagi Masker Gratis di Sukoharjo

Penggunaan masker menjadi salah satu protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kampanye memakai masker terus digaungkan mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

Jelang Momen Nataru, Bupati Sragen: Jangan Abai Prokes!

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengingatkan warga untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Tim Ekspedisi Digital Ekonomi 2021 Memotret Pertanian di Kopeng

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group memotret digitalisasi pemasaran sektor pertanian di Kecamatan Getasan di kawasan Kopeng, Kabupaten Semarang.