Mantap! Juara Regional, Tim Robotika Upgris Lolos ke Final KRI 2022

Tim robotika Universitas PGRI Semarang atau Upgris lolos ke putaran nasional Kontes Robot Indonesia atau KRI 2022 yang digelar di ITS, akhir Juni nanti.

 Tim Atom Robotika Upgris berfoto dengan jajaran pimpinan kampus, Jumat (24/6/2022). (Solopos.com-Humas Upgris)

SOLOPOS.COM - Tim Atom Robotika Upgris berfoto dengan jajaran pimpinan kampus, Jumat (24/6/2022). (Solopos.com-Humas Upgris)

Solopos.com, SEMARANG – Prestasi membanggakan dicapai tim robotika Universitas PGRI Semarang atau Upgris dengan menjuarai Kontes Robet Indonesia (KRI) 2022 tingkat Regional 1 Jawa Tengah (Jateng), Jawa Barat (Jabar), Jakarta, dan Sumatra. Atas pencapaian itu, tim robotik Upgris, Atom, pun berhak melaju ke putaran nasional KRI 2022 yang akan digelar di Institut Teknologi Surabaya (ITS), 29 Juni hingga 3 Juli nanti.

“Tim akan segera berangkat ke ITS untuk final pada 29 Juli hingga 3 Juli 2022,” ujar Ketua Tim Atom Robotik Upgris, Dimas Pantoja, kepada Solopos.com, Sabtu (25/6/2022).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Dimas menceritakan saat memenangi kompetisi tingkat wilayah, ia bersama rekan-rekannya mampu menyingkirkan robot dari 22 kontestan yang berasal dari perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Kala itu, tim Atom Robotik Upgris sukses mengalahkan tim robot Universitas Telkom, Politeknik Negeri Batam, dan Univesitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang.

“Tim Atom UPGRIS berhasil menang dalam kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), dan akan melaju ke tingkat nasional” ujarnya.

Baca juga: Dua Tim Robotik FTI Unissula Maju Kontes Robot Tingkat Nasional

Meski telah mampu menyingkirkan kompetisi kelompok wilayah 1, Dimas mengaku belum sepenuhnya puas. Ia menilai timnya masih banyak kekurangan terutama dalam segi konsentrasi.

Kekurangan ini pun akan diperbaiki dalam persiapan menghadapi putaran final nanti. ““Ada beberapa kendala dalam proses tanding seleksi kemarin, untuk itu pada KRI tingkat nasinal nanti kami akan memperbaiki strategi dan meningkatkan kerja sama tim,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Upgris, Dr. Sri Suciati, M. Hum, mengaku bangga dengan pencapaian tim robotik Upgris yang menembus putaran nasional Kontes Robot Indonesia (KRI). Pihak kampus pun, lanjutnya, siap memberikan dukungan baik secara moral maupun materiel kepada tim robotik Upgris.

Baca juga: Pentaskan Teater, Mahasiswa Upgris Ajak Masyarakat Kritisi Isu Sosial

“Dengan lolosnya Tim Atom Upgris ini semakin memperkuat keperayaan diri kita bahwa mahasiswa Upgris siap berkompetisi di level nasional,” jelasnya.

Ia juga menilai lolosnya tim Atom Upgris benar-benar di luar dugaan dan cukup mengejutkan. “Ini sungguh mencuri perhatian kami. Universitas akan terus berbenah, terus memberikan dukungan agar persiapan lomba selanjutnya bisa lebih matan dan meraih banyak gelar,” imbuhnya.

Sementara itu, tim Atom Robotik Upgris diperkuat sejumlah mahasiswa. Selain Dimas Pantoja, tim ini juga diperkuat Muhammad Sida, Bagus Budi Ariyanto, Alfan Najihil Wafa, Roeis Nur Ingsan, dan Saipul Amin R.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Temuan Manik-Manik Bekal Kubur Kuno di Perengan Tawangsari Sukoharjo

      + PLUS Temuan Manik-Manik Bekal Kubur Kuno di Perengan Tawangsari Sukoharjo

      Di Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo tepatnya di Situs Perengan, terdapat temuan peninggalan arkeologi berupa manik-manik yang diduga merupakan bekal kubur masyarakat masa kuno.

      Berita Terkini

      Wow! Pemuda Semarang Ternak Emprit, Harganya Capai Rp10 Juta Per Pasang

      Pemuda asal Kota Semarang membudidayakan burung emprit yang harganya mencapai Rp10 juta per pasang.

      Siswa SMK Semarang yang Terseret Ombak di Parangtritis Belum Ketemu

      Seorang siswa SMK Kartini Semarang yang terseret ombak di Pantai Parangtritis belum ditemukan sampai sekarang.

      Komunitas Sepeda dan Satlantas Grobogan Gelar Detik-Detik Proklamasi

      Komunitas sepeda tua, Satlantas Polres Grobogan dan warga menggelar upacara bendera Detik-Detik Proklamasi di sejumlah ruas jalan.

      Mobil di Grobogan Terbakar, Pemilik Mengalami Luka Bakar

      Satu unit mobil terbakar di Dusun Demangan, Desa Ngabenrejo, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Rabu (17/8/2022). Satu orang menderita luka bakar.

      HUT Ke-77 RI, 184 Narapidana Lapas Purwodadi Terima Remisi Umum

      Kemenkum HAM memberikan remisi umum dalam rangka HUT-77 RI kepada 184 narapidana Lapas Kelas II B Purwodadi.

      Siswi SMA N 2 Kudus Jadi Pembawa Bendera Upacara HUT ke-77 RI di Istana

      Siswi SMA N 2 Kudus, Jawa Tengah, I Dewa Ayu Firsty menjadi pembawa bendera merah putih dalam upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022). 

      Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini, Cerah Berawah di Hari Kemerdekaan

      Berikut prakiraan cuaca di Semarang pada hari ini, Rabu (17/8/2022) atau bertepatan dengan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Unik! Malam Tirakatan di Purworejo, Warga Malah Diajak Bayar PBB

      Warga Parikesit, Kelurahan Pangenjuru Tengah, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, memiliki cara unik melaksanakan malam tirakatan memperingati HUT ke-77 RI, Selasa (16/8/2022).

      Kronologi Pengeroyokan yang Sebabkan Pemuda di Kendal Meninggal

      Berikut kronologi pengeroyokan yang menyebabkan seorang pemuda di Desa Plantaran, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, meninggal dunia.

      PHMI Ingin Ekspansi ke Jateng, Ini Misi yang Diusung

      Perkumpulan Hotel dan Media Indonesia atau PHMI berencana melakukan ekspansi atau melebarkan sayapnya di wilayah Jawa Tengah (Jateng).

      Pelajar SMK Semarang Terseret Ombak Parangtritis, Begini Kata Orang Tua

      Pelajar SMK di Semarang terseret ombak saat berwisata di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

      Galau Kena Tilang, Pemuda di Semarang Letakkan Sabu-Sabu di Pos Polisi

      Aparat Polrestabes Semarang menangkap seorang pemuda yang berniat meletakkan narkoba jenis sabu-sabu di dekat Pos Polisi Bangkok, Jalan M.T. Haryono.

      Unik, Petugas Satpas SIM Polres Grobogan Pakai Baju Adat dan Pejuang

      Merayakan HUT ke-77 RI, petugas layanan SIM Satlantas Polres Grobogan kenakan baju adat dan pejuang, Selasa (16/8/2022).

      Wow! HUT ke-77 RI, Warga Kudus Bentangkan Bendera Merah Putih 1,44 Km

      Bendera Merah Putih sepanjang 1,44 km terbentang di jalan Desa Honggosoco, Kudus, untuk menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Terinspirasi Jokowi, Ganjar Akan Kenakan Baju Adat saat Upacara HUT RI

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku terkesima dengan baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi saat mengikuti Sidang Tahunan MPR.