SOLOPOS.COM - Pantai Klotok Wonogiri. (Istimewa/Instagram@yogapra_setyo)

Solopos.com, WONOGIRI — Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menyebut dua pantai di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito yakni Pantai Klotok dan Pantai Sembukan bakal segera dipercantik dengan anggaran senilai Rp 10 miliar.

Dana pembanguna berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Wacana ini terungkap saat Jekek, sapaan akrab Bupati Wonogiri, menggelar sarasehan bersama warga sekitar pantai yang berada di Desa Paranggupito, Rabu (7/6/2023).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tahun ini ada alokasi Rp 10 miliar untuk revitalisasi pantai di Paranggupito. Secara bertahap dan berkelanjutan akan terus kami upayakan agar supaya potensi wisata lebih optimal,” kata Jekek, sapaan akrabnya, mengutip laman Instagram Humas Wonogiri.

Ekspedisi Mudik 2024

Jekek menerangkan pihaknya sudah menerima paparan dari konsultan terkait rencana pembangunan Pantai Sembukan dan Pantai Klotok. 

Menurutnya ada sejumlah pembangunan yang akan dilakukan. “Intinya untuk mempercantik Klotok dan Sembukan. Kami bikin standarisasi wisata berskala global. Nanti ada viewnya, ada ininya, macam-macam,” imbuh Jekek.

Lebih lanjut disampaikan pembangunan akan dimulai pada tahun ini. Bukan tidak mungkin, sambung Jekek, dua pantai itu akan disulap seperti pantai-pantai di wilayah Gunung Kidul.

“Hampir sama (dengan Gunung Kidul). Ini kan bentang kawasan di geopark, Gunung Kidul lebih awal, kita tahun ini memulai. Semoga nanti sustainable, berkelanjutan dan pada akhirnya potensi yang kita miliki dioptimalkan dengan baik,” ujar Jekek.

Bupati menambahkan, adanya pembangunan bakal berdampak ke berbagai bidang, mulai dari ekonomi masyarakat di sekitar kawasan pantai dan pendapatan asli daerah (PAD).

“Kalau destinasinya oke, ekonomi menggeliat, multiplier efek oke. Ini bagian dari ikhtiar memfasilitasi masyarakat sekitar agar ekonomi lebih produktif. Kedua ada harapan destinasi oke, tren kunjungan wisatawan meningkat, otomatis PAD Wonogiri akan mengalami kenaikan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya