Mantap! Bakat Muda Karanganyar Masuk Proyeksi Timnas untuk Piala Dunia Basket 2023
Tifan Eka Pradita (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pebasket Karanganyar yang membela tim Indonesian Basketball League (IBL), Bank BPD DIY Bima Perkasa, Tifan Eka Pradita, kembali membuat sensasi.

Setelah masuk nominasi Rookie of The Year 2020 pada musim pertamanya di IBL, Tifan kini dipanggil Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) untuk pembentukan Tim Nasional (Timnas) Elite Muda.

Update Covid-19 Karanganyar, 598 Kasus Didominasi Klaster Kontak Erat Pasien Positif

Tifan bersama 56 pebasket muda lain diproyeksi membela Timnas untuk bertanding di ajang Piala Dunia Basket 2023. Dilansir akun Instagram Perbasi, Selasa (13/10/2020), Tifan menjadi satu dari tiga pebasket Jawa Tengah yang dipanggil untuk seleksi Timnas Elite Muda.

Ketua Perbasi Karanganyar, Tony Hatmoko, mengaku sudah mendengar pemanggilan pemain kelahiran 5 Juli 1998 itu untuk persiapan Piala Dunia Basket 2023. “Tifan adalah talenta muda basket di Karanganyar. Kami ikut bangga dengan pemanggilannnya,” ujar Tony saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Bakat Tifan di dunia basket melesat cepat sejak menjadi kapten tim basket Karanganyar di Porprov Jawa Tengah (Jateng) 2018. Setelah itu dia sempat menjadi playmaker di tim basket Jateng. Musim 2020 pebasket 22 tahun ini mencatatkan karier perdananya di IBL setelah bergabung dengan Bank BPD DIY Bima Perkasa.

Pendatang Baru

Meski berstatus pendatang baru, Tifan langsung menjadi andalan pelatih Raoul Miguel Hadinoto. Tifan bahkan masuk nominasi Rookie of the Year IBL 2020 bersama Antoni Erga (Satya Wacana Salatiga), dan Rivaldo Tandra Pangesthio (Satria Muda Pertamina Jakarta).

“Kalau melihat potensi dan kualitasnya, kami yakin Tifan bisa lolos seleksi. Kami harap warga Karanganyar ikut berdoa untuk perjuangannya,” imbuh Tony.

Kuras Tabungan Pensiunan ASN di Wedi Klaten, Penipu Asal Sulawesi Ditangkap di Pati

Sebanyak 57 pemain yang dipanggil merupakan pemain U-23 yang terpantau dari berbagai kompetisi. Para pemain itu akan diseleksi dan diberi kesempatan bermain di IBL musim 2021 agar mereka memiliki jam terbang lebih di level kompetisi tertinggi di Tanah Air.

Timnas Elite Muda akan dilatih eks juru taktik Satria Muda, Youbel Sondakh. Youbel diasisteni Andrie Ekayana dan Koko Heru Setyo Nugroho. Timnas dimanajeri Andy “Batam” Poedjakesuma.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom