Mantap! 7 Pesepakbola Muda Solo Berpeluang Menimba Ilmu di Valencia
Sejumlah pemain muda dari klub internal Askot PSSI Solo bersaing untuk mengikuti program latihan di klub Liga Primera, Valencia, di Lapangan Kota Barat, Senin (24/2/2020). (Solopos/Chrisna Chanis Cara)

Solopos.com, SOLO — Asisten Pelatih Valencia U-21, Bonnie Fautngil, “turun gunung” ke sejumlah daerah di Indonesia untuk mencari pemain muda berbakat yang akan menimba ilmu di Spanyol. Ada empat daerah di Nusantara, termasuk Solo, yang menjadi persinggahan pelatih asal Belanda itu.

Sekitar 20 pemain yang terseleksi dari empat kota bakal menjalani program latihan di Valencia. Di Solo sendiri, ada 97 pemain U-17 dari 26 klub internal Askot PSSI Solo yang bersaing mendapatkan tujuh tiket untuk lolos ke fase selanjutnya.

Diawali Suara Gemuruh, Jembatan Pusung Boyolali Ambruk

Ketujuh pemain tersebut bakal kembali diseleksi bersama pemain dari Kota Ambon, Kupang dan Flores untuk kemudian dipilih 20 pemain yang akan terbang ke Valencia pada 1 Agustus. Nantinya, dua pemain terbaik bakal dikontrak secara resmi oleh Los Che, julukan Valencia.

“Solo dipilih karena punya potensi pemain yang bagus meski masih harus diasah. Selain itu mungkin karena Presidennya dari Solo [Joko Widodo]," ujarnya ketika ditemui wartawan seusai memantau seleksi pemain di Lapangan Kota Barat, Senin (24/2/2020) sore.

Boyolali Penyumbang Plastik Terbesar Soloraya

Saat seleksi, para pemain diberi kesempatan sekitar tiga jam untuk unjuk kemampuan dalam format game. Bonnie sendiri telah mengantongi tujuh nama pemain muda asal Solo yang akan bersaing dengan talenta dari kota lain. Mereka adalah Eki, Didik Setyawan, M. Reza, Rahmad H., M. Bahykal, Haidar N. Afif dan Roni Wahyu. Bonnie berharap banyak bibit muda asal Kota Bengawan yang bisa terpilih untuk mengikuti program latihan di Valencia.

“Ada 19 sampai 20 pemain yang saya ambil. Nanti programnya dua pekan di Valencia, bertanding melawan klub seperti Barcelona, Atletico Madrid. Selanjutnya sepekan di Belanda menghadapi Ajax Amsterdam dan Vitesse Arnhem,” tutur eks Asisten Pelatih PSM Makassar itu.

Jamu Semen Padang, Persis Solo Pakai Stadion Manahan?

Bonnie mengatakan pengalaman tersebut bakal menjadi kesempatan berharga para pemain untuk berkarier di Eropa. Menurut dia, banyak pemandu bakat dari klub-klub Eropa yang bakal memantau performa para pemain Indonesia.

“Kita datang ke sana bukan untuk liburan, banyak talent scout. Yang pasti, dua pemain terpilih bakal dikontrak Valencia U-21. Saya sudah bahas hal ini dengan manajemen,” ujar Bonnie yang resmi membesut Valencia U-21 dengan kontrak semusim akhir Januari lalu.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho