SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi meninggal dunia, Senin (17/6/2019) waktu setempat. Kepala negara pertama yang terpilih secara demokratis dalam sejarah modern Mesir meninggal pada usia 67 tahun, setelah pingsan di pengadilan Kairo seusai menjalani sidang atas tuduhan spionase atau praktik mata-mata.

Morsi, tokoh utama Ikhwanul Muslim yang kini dilarang, mendekam di balik jeruji besi sejak digulingkan oleh militer pada 2013 setelah hampir satu tahun berkuasa menyusul protes massa yang menentang pemerintahannya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana dilansir Antara dari Reuters, Selasa (18/6/2019), jaksa penuntut umum mengatakan Morsi pingsan di ruang persidangan setelah berbicara di hadapan para hakim. Ia kemudian dinyatakan meninggal di rumah sakit pada pukul 16.50 waktu setempat (1450GMT). Pihaknya mengatakan pemeriksaan awal tidak menunjukkan adanya luka baru di tubuh Morsi.

Ikhwanul Muslim menggambarkan kematian Morsi “murni pembunuhan”. Mereka juga meminta agar masyarakat Mesir berkumpul menghadiri pemakamannya di Mesir dan mendatangi Kedutaan Besar Mesir di seluruh dunia.

Keluarga sebelumnya menuturkan kesehatan Morsi di penjara memburuk dan mereka jarang sekali diizinkan untuk mengunjunginya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya