SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

London, Mantan Presiden FIFA Joao Havelange akan diperiksa oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC). Havelange dituduh menerima uang suap senilai 1 juta dolar AS.

Tuduhan itu awalnya diungkapkan di acara televisi BBC, Panorama, yang tayang sebulan lalu. Di acara itu, Havelange yang menjadi Presiden FIFA dari 1974-1998 dituduh menerima uang dari International Sport and Leisure (ISL), mantan rekanan marketing FIFA yang kini sudah kolaps.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Komite Etik IOC kemudian berkonsultasi dengan BBC sejak November tahun lalu. Saat itu, Panorama melansir tayangan tentang suap kepada Presiden Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF) dan Wapres FIFA Issa Hayatou.

Ekspedisi Mudik 2024

BBC kemudian menyerahkan bukti-bukti berupa dokumen tentang isu suap yang melibatkan Hayatou dan kini penyelidikan IOC mulai menyentuh Havelange, sosok 95 tahun yang kini menjadi Presiden Kehormatan FIFA dan juga anggota IOC.

Pemeriksaan terhadap Havelange menjadi pukulan lanjutan kepada FIFA yang tengah dibelit tuduhan korupsi dan suap yang dilakukan para pejabatnya. Dalam tujuh bulan terakhir, ada empat anggota Exco FIFA yang diskors atas tuduhan di atas. [dtc/lia]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya