Kategori: Nasional

Mantan Pemred Metro TV Suryopratomo Calon Dubes RI di Singapura


Solopos.com/Nindya Aldila/Bisnis

Solopos.com, JAKARTA -- Jurnalis senior dan mantan pemimpin redaksi stasiun TV nasional Metro TV, Suryopratomo, masuk ke dalam daftar nama calon Duta Besar atau Dubes RI untuk Singapura.

Kabar itu datang dari sebuah gambar yang beredar di jejaring aplikasi pesan instan. Gambar itu menunjukkan sebuah daftar para calon duta besar.

Mudik Dilarang Tapi Angkutan Umum Jalan, Menhub Akui Membingungkan

Nama Suryopratomo menjadi calon Duta Besar Luar Biasa dan berkuasa Penuh RI untuk negara Singapura, berkedudukan di Singapura. Selain itu, ada sejumlah nama lain seperti Sukmo Harsono dan Wisnu Edi Pratignyo.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menanggapi kabar itu, namun enggan mengonfirmasi nama Suryopratomo sebagai calon Dubes RI untuk Singapura. Plt. Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah mengungkapkan bahwa proses pengangkatan seorang dubes sebenarnya cukup panjang.

Kasus Baru Positif Covid-19 di Indonesia Turun 2 Hari, Jangan Senang Dulu!

Setelah fit and proper test oleh DPR masih ada proses penting lainnya yaitu permintaan persetujuan ke negara yang dituju. "Oleh karenanya dalam etika diplomasi, nama calon dubes tidak diumumkan sampai agreement diperoleh," ujarnya saat dihubungi Bisnis, Senin (11/5/2020).

Dia mengatakan pergantian duta besar kali ini dilatar belakangi beberapa faktor. Salah satunya ada beberapa pos duta besar yang memang sudah akan berakhir masa penugasannya. Namun dia tidak secara khusus membahas nama-nama calon Dubes RI untuk Singapura.

Mudik Dilarang, Tapi Bus AKAP Boleh Beroperasi, Pemerintah Mau Apa?

Belum Fit and Proper Test

"Pengajuan dubes adalah hak prerogratif presiden. Dalam prosesnya memang menteri luar negeri memberikan usulan dan pertimbangan," tuturnya.

Saat dimintai konfirmasi, Suryopratomo mengatakan proses pemilihan dirinya sebagai calon Dubes RI untuk Singapura belum berbuah keputusan. Dia mengaku belum mendapatkan informasi terkait keputusan pencalonan dirinya sebagai duta besar.

Kerusakan Paru-Paru Anak Akibat Covid-19, Meradang Hingga Terisi Nanah

"Konfirmasi jangan ke saya. Ke Kemlu. Wah belum. Fit and proper [test] saja belum. Saya malah belum dapat," katanya kepada Bisnis.

Sebagai catatan, saat ini Suryopratomo bertugas sebagai anggota Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Indonesia.

Share
Dipublikasikan oleh
Adib Muttaqin Asfar