SOLOPOS.COM - Tarmizi Taher (google/wikipedia.org)

Tarmizi Taher (wikipedia.org)

JAKARTA–Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, telah wafat mantan Menteri Agama Bapak Tarmizi Taher,  Selasa (12/2/2013) pukul 04.00 pagi di RS Cipto Mangun Kusomo (RSCM) Jakarta.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Saat ini jenazah disemayamkan di rumah duka Kompleks Angkatan Laut (AL), Pangkalan Jati, Jakarta Selatan. Jenazah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, ba’da shalat Zuhur.

Ekspedisi Mudik 2024

Tarmizi Taher menjadi Menteri Agama pada tahun 1993-1998, sebelumnya menjabat sebagai Sekjen Kementerian Agama dan Kapusbintal TNI. Pernah pula menjadi Dubes RI di Norwegia dan Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia.

Tarmizi Taher terlahir di Padang, Sumatera Barat, 7 Oktober 1936. Setelah menyelesaikan pendidikan dokter di Universitas Airlangga Surabaya, dia meniti karier pada TNI AL dan pensiun dengan pangkat Laksamana Muda.

Jabatan yang pernah diembannya di lingkungan militer termasuk sebagai Perwira Kesehatan di KRI Irian, Juru Bicara Fraksi ABRI di MPR, Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI AL dan Kepala Pusat Pembinaan Mental ABRI.

Selain itu almarhum adalah lulusan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI AL dan sempat mengenyam pendidikan pada US Navy di bidang kesehatan. Selepas karier militer, ia kemudian ditugaskan sebagai Sekjen Departemen Agama Republik Indonesia selama 5 tahun, sebelum diangkat sebagai menteri pada tahun 1993.

Selama menjabat Menteri Agama Republik Indonesia, dua inisiatif penting yang beliau laksanakan adalah pengembangan Siskohat (sistem komputerisasi haji terpadu) dan pembentukan Dana Abadi Umat (DAU).

Sesudah tidak menjadi menteri, dia sempat diangkat untuk beberapa posisi lain, termasuk sebagai Duta Besar untuk Norwegia dan Islandia. Beliau juga pernah menjabat sebagai ketua umum pimpinan pusat Dewan Masjid Indonesia periode 2006 – 2011 dan rektor Universitas Islam Az-zahra di Jakarta periode 2004 – 2008. Ia dianugerahi Doktor Honoris Causa di bidang dakwah oleh Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dari pernikahan dengan dengan Hj. Djusma, almarhum dikaruniai empat orang anak, tiga orang pria dan satu orang wanita. Afghan, Sakina, Halbana, dan Dirgantoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya