SOLOPOS.COM - Wismoyo Arismunandar (Wikipedia)

Solopos.com, JAKARTA -- Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar meninggal dunia, Kamis (28/1/2021) dini hari tadi.

Kadispenad TNI Brigjen Nefra Firdaus membenarkan kabar duka tersebut dan meneruskan pesan wafatnya Wismoyo Arismunandar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Inalillahi wainalillahirojiun, Telah meninggal dunia Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar jenazah dibawa ke Giribangun-Solo," bunyi pesan yang dikirimkan Brigjen Nefra seperti dilansir detik.com.

Baca juga: Pemkot Solo Keluarkan Rp1,3 Miliar Untuk Revitalisasi Alut Keraton

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Humas DPP PEPABRI Djoko Saksono di Facebook juga mengabarkan Wismoyo Arismunandar wafat.

"Telah wafat Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar, Kamis 28 Januari pukul 04.29 WIB," tulis dia.

Wismoyo Arismunandar disebutkan wafat karena sakit. Wismoyo meninggal dunia di RS Pondok Indah Jakarta.

Diketahui, Wismoyo merupakan KSAD pada era Presiden Soeharto. Ia menjadi KSAD pada periode 1993 hingga 1995.

Siti Fadilah Pilih Pakai Vaksin Merah Putih, Begini Argumentasinya

Wismoyo Arismunandar merupakan pria kelahiran Bondowoso 80 tahun lalu. Wismoyo merupakan ipar Presiden ke-2 RI Soeharto.

Di militer, Wismoyo Arismunandar pernah menjabat Pangdam XVII/Trikora pada tahun 1986. Setelahnya atau di tahun 1989, Wismoyo Arismunandar menjabat Pangdam IV/Diponegoro.

Bintang Jasa

Wismoyo juga pernah menjabat Pangkostrad di tahun 1990 dan Wakasad pada 1992. Terakhir dia menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di tahun 1993 atau era Soeharto.

Semasa hidupnya, Wismoyo mendapat 6 tanda jasa. Di antaranya, Bintang Mahaputera Adipradana, Bintang Yudha Dharma Utama, Bintang Swa Bhuwana Faksa Utama, Bintang Jalasena Utama, Bintang Bhayangkara Utama, dan Bintang KEP Utama.

Sosok Wismoyo Arismunandar pernah diceritakan oleh eks Danjen Kopassus Prabowo Subianto yang kini menjabat Menhan RI. Prabowo, pada 3 April 2013, pernah menuliskan sosok Wismoyo sebagai pribadi yang bersih.

Tanah Longsor Timbun JLS Wonogiri, Belasan Truk Terjebak Macet

Prabowo saat itu bercerita kalau dalam perjuangan janganlah pernah memaki orang atau kelompok lain. Pelajaran ini, katanya, didapatkan dari Wismoyo Arismunandar.

"Itu pelajaran yang sangat berharga yang saya dapat dari salah seorang senior saya. Seorang mantan komandan saya, yang saya anggap orang yang sangat bijak dan sangat bersih sebagai pemimpin yaitu Jendral TNI Wismoyo Arismunandar," tulis Prabowo saat itu.

"Beliau dahulu adalah komandan group saya, di group 1 KOPPASSANDHA saat saya masih letnan. Saya masih ingat pelajaran beliau setelah sekian puluh tahun. 'Berpikir positif, jangan berpikir dan berkata negatif tentang orang lain'," sebut Prabowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya