SOLOPOS.COM - Lembaga Sertifikasi Profesi P1 Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (LSP P1 ITNY) menerima lima paket hibah dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA-- Lembaga Sertifikasi Profesi P1 Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (LSP P1 ITNY) menerima lima paket hibah pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

LSP P1 ITNY adalah lembaga pelaksanaan kegiatan sertifikasi profesi yang memperoleh lisensi dari BNSP. Saat ini LSP P1 ITNY memiliki 13 skema dan 38 Asesor.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala LSP, Diah Suwarti Widyastuti, S.T., M.Eng mengatakan tahun ini LSP menerima sebanyak lima paket hibah PSKK dari BNSP yang setara dengan sertifikasi sebanyak 100 mahasiswa secara gratis.

Baca Juga: Siboen, Montir Bengkel Banyumas yang Tembus Gold Button Youtube

“Hibah PSKK tahun 2021 merupakan hibah PSKK ke 4 yang telah kami terima. Sebelumnya LSP P1 ITNY telah menerima hibah setiap tahunmulai 2018,” ujar Diah dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (10/6/2021).

Pelaksanaan sertifikasi dilakukan sepanjang bulan Juni 2021 di Tempat Uji Kompetensi (TUK) kampus ITNY dengan menerapkan Protokol kesehatan secara ketat. Mahasiswa diwajibkan untuk menyerahkan surat keterangan bebas covid-19 dan mengisi Self Assesmen sebelum mengikuti assesment.

Diah menambahkan bahwa Skema sertifikasi yang diujikan pada pelaksanaan assesment kali ini adalah Skema Pengelasan Pelat, Perencana Tata Ruang Wilayah dan Kota Secara Parsial, Pengawas Pekerjaan Struktur Bangunan Gedung, Survey Technical Pada Pemetaan Tambang Terbuka dan Perancangan Instalasi Listrik Tegangan Rendah bangunan Industri Kecil.

Baca Juga: Perlu Tahu, Ini Hlo Daftar Sembako yang akan Kena PPN 12 Persen

“Kami mendorong mahasiswa untuk bisa melakukan sertifikasi minimal 1 kali sebelum mereka resmi lulus dari ITNY. Jadi ketika Mahasiswa lulus sudah mengantongi Ijasah dan Sertifikat Kompetensi Teknik sesuai dengan bidangnya masing-masing,”tambahnya.

Sertifikat Kompetensi merupakan salah satu nilai lebih dalam persaingan lapangan pekerjaan. Mahasiswa juga lebih diakui oleh dunia industri baik di dalam, maupun luar negeri.

“Kami berharap hasil sertifikasi kompetensi tahun ini semua mahasiswa ITNY bisa Kompeten 100 persen,” ujar Diah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya