Manisnya Cokelat Chocotin yang Kini Jadi Oleh-oleh Khas Tawangmangu

Produk dengan brand nama Chocotin Cokelat Tawangmangu ini merupakan satu dari 50 peserta UMKM dan lolos mendapat pendampingan Virtual Expo 2021.

 Chocotin Cokelat Tawangmangu. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Chocotin Cokelat Tawangmangu. (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO– Pasangan suami istri asal Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Bagas Handoko, 34 dan Tri Hardina, 32, sukses mengelola bisnis cokelat yang kini digandrungi menjadi buah tangan bagi para wisatawan saat berkunjung di kawasan wisata Tawangmangu.

Produk dengan brand nama Chocotin Cokelat Tawangmangu ini merupakan satu dari 50 peserta UMKM dan lolos mendapat pendampingan Virtual Expo 2021. Event yang merupakan kerja bareng Bank Indonesia (BI) Perwakilan Solo dan Solopos Media Group tersebut menyasar UMKM Soloraya agar go digital.

Usaha yang dirintis Desember 2019 lalu, sempat mengalami keterpurukan karena terdampak pandemi Covid-19. “Januari 2020 kita mulai meluncurkan produk Chocotin ke pasaran. Baru berjalan tiga bulan ada pandemi Corona sampai akhirnya sempat berhenti produksi selama tiga bulan lamanya,” kata Tri Hardina ketika berbincang dengan Solopos.com pada Jumat (23/7/2021).

Baca Juga: Potong 85 Hewan Kurban, Pertamina Sebar 8.026 Paket Daging di Jawa Tengah dan DIY

Padahal tiga bulan awal berjalan, usahanya sukses menarik pembeli yang mayoritas merupakan wisatawan dengan menjadikan buah tangan. Di awal tiga bulan pertama produk dipasarkan saja, ia mampu meraup omzet hingga Rp2 juta lebih per bulannya.

Namun sayangnya pandemi Covid-19 melanda Indonesia hingga pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Maret 2020 lalu. Usaha yang baru dirintis inipun terdampak hingga berhenti berproduksi. Dia dan suami baru mulai memberanikan diri kembali memproduksi Chocotin sekitar Agustus 2020.

“Dari semula produk kami titipkan ke tempat-tempat oleh-oleh sampai diperluas ke tempat makan dan restoran di kawasan Tawangmangu. Dan Alhamdulillah ada respons baik dari pasar,” kata dia.

Baca Juga: 6 Aplikasi Menabung Online Enggak Pakai Ribet!

Chocotin Cokelat Memanfaatkan Hasil Bumi Tawangmangu

Chocotin Cokelat Tawangmangu. (Istimewa)

Usaha Chocotin Cokelat Tawangmangu ini lambat laun mulai bangkit. Hingga kini omzet penjualannya sudah mencapai Rp5 juta per bulannya. Produk Chocotin yang dibuat juga mulai dikembangka.

Dari semula hanya memproduksi Chocotin rasa buah tin, kini ada empat varian rasa lain. Yakni Chocotin Ubi Ungu, Kopi Lawu, Kismis dan Pure Dark. Hanya saja untuk Chocotin buah Tin sementara ini berhenti diproduksi karena kesulitan bahan baku.

“Sementara ini ada empat varian yang kita produksi, ubi ungu, kismis, kopi lawu dan pure dark,” katanya.

Empat varian produk Chocotin Cokelat Tawangmangu ini banyak dilirik sebagai buah tangan bagi para wisatawan di Tawangmangu. Rasa cokelat yang khas perpaduan baik ubi ungu, kopi lawu, kismis ini menggugah para pecinta cokelat dengan rasa berbeda. Harga yang dibanderol pun cukup ramah dikantong. Untuk satu bungkus satu cokelat kecil dijual senilai Rp15.000 dan besar Rp25.000.

Baca Juga: KAI Gelar Anugerah Jurnalistik Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

“Cokelat yang kita tahu selama ini kan hanya itu-itu saja, tapi ini cokelat dengan rasa ubi ungi atau kopi lawu belum pernah ada,” katanya.

Dengan memanfaatkan hasil bumi di Tawangmangu seperti ubi ungu dan kopi lawu ini, pasangan Bagas Handoko dan Tri Hardino sukses menggaet pasar wisatawan di sana. Kini pasutri tersebut tengah fokus mengembangkan produk Chocotin ke luar daerah melalui pasar online.

“Mudah-mudahan bisa diterima masyarakat luas,” harapnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Berdamai, Status PKPU Prabrik Serat Rayon Grup Sritex Berakhir

PT Rayon Utama Makmur (RUM) telah menyepakati perdamaian (homologasi) dengan sejumlah krediturnya.

Aw Aw Aw, Harta CEO Tesla Elon Musk Nambah Rp510 Triliun Sehari

Bloomberg melaporkan kekayaan Musk yang sekarang sebesar US$289 miliar berada di posisi pertama orang terkaya di dunia, diikuti oleh pendiri Amazon Jeff Bezo

Gibran Unggah Hotline Lapor Pinjol Ilegal, Netizen: Mantap Mas Wali!

Pemberantasan pinjaman online (pinjol) ilegal semakin gencar dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk pemangku kebijakan di Kota Solo.

Penyebab Kereta LRT Tabrakan saat Uji Coba, Inka Menduga Human Error

Sebagai imbas dari insiden tabrakan LRT Jabodebek di Cibubur, PT Inka menarik lagi rangkaian kereta tersebut ke pabriknya di Madiun.

Harga Minyak Goreng Capai Rp20 Ribu/Kg, Pemerintah Jamin Stok Cukup

Kenaikan harga secara nasional terjadi pada jenis minyak goreng curah, minyak goreng kemasan bermerek 1, minyak goreng kemasan bermerek 2.

Selain Komisaris Rans Milik Raffi Ahmad, Ini Sederet Bisnis Kaesang

Kiprah putra bungsu Presiden Joko Widodo di dunia bisnis ternyata semakin melebar. Kaesang Pangarep diketahui menjabat sebagai Komisaris Rans Entertainment.

#TuguShariaSemangat1010 Dorong Asuransi Syariah

Industri asuransi syariah masih mampu membukukan kinerja positif di tengah pandemi Covid-19.

Melambung Gaes! Cek Harga Emas di Pegadaian, Rabu 27 Oktober 2021

Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Rabu (27/10/2021) naik dari hari sebelumnya, baik untuk cetakan Antam maupun UBS

Depenas Beri Tenggat Kemenaker 10 November Umumkan Kenaikan UMP 2022

Dewan Pengupahan Nasional atau Depenas memberi tenggat waktu Kementerian Ketenagakerjaan untuk mengumumkan Upah minimum Provinsi (UMP) 2022 hingga 10 November mendatang.

UMR Tahun Depan Naik? Berikut 10 Provinsi dengan UMP Tertinggi 2021

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memperkirakan adanya kenaikan kenaikan Upah Minimum Regional (UMR) 2022.

Blak-Blakan Sri Mulyani Resah Gegara Pinjol Bikin Orang Menderita

Menkeu menambahkan dengan ada banyak kasus pinjol, kini ahli ekonomi syariah harus bekerja keras untuk mengembangkan teknologi keuangan digital,

Menteri BUMN Dukung Program Electrifying Agriculture PLN

Per September 2021, jumlah pelanggan PLN yang sudah memanfaatkan program EA mencapai 60.718 pelanggan dengan total daya sambung sebesar 478,96 MVA.

The Sunan Hotel Solo Sabet Gold Circle Award 2021 dari Agoda.com

Penilaian diperoleh dari berbagai faktor seperti performa penjualan online terbaik di Kota Solo, sampai penyajian konten yang baik di portal Agoda.

Astra Serahkan 2 Mobil Vaksinasi Covid-19 ke Polres Metro & Kodim Jakut

Dengan adanya kendaraan vaksin diharapkan dapat meningkatkan pelayanan vaksinasi Covid-19 khususnya terhadap masyarakat ring satu di wilayah Jakarta Utara.

Jangan Panik, Ini Tips-Tips Jika Terlanjur Terjebak Pinjol Ilegal

Pastikan pinjol yang dituju adalah pinjol legal atau yang terdaftar atau mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).