Mangrove untuk Kesejahteraan dan Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Pelindungan mangrove sebagai ekosistem blue carbon tidak hanya mengurangi emisi dan peningkatan simpanan carbon benefit, tetapi juga memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

 Warga mengunjungi kawasan hutan mangrove di Taman Hutan Raya (Tahura) I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (2/11/2021). (Antara/Fikri Yusuf)

SOLOPOS.COM - Warga mengunjungi kawasan hutan mangrove di Taman Hutan Raya (Tahura) I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (2/11/2021). (Antara/Fikri Yusuf)

Solopos.com, Solo – Pelindungan mangrove sebagai ekosistem blue carbon tidak hanya mengurangi emisi dan peningkatan simpanan carbon benefit, tetapi juga memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Presiden Joko Widodo dan Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Sheikh Mohamed bin Zayed sepakat meningkatkan kerja sama untuk mengatasi dampak perubahan iklim dengan mengembangkan kawasan mangrove.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

“Telah ditandatangani kesepakatan joint project arrangement on mangrove development antara kedua negara,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers secara daring dari Abu Dhabi, seperti dilansir Antara, Sabtu (2/7/2022). Penjelasan lengkap bisa dibaca di Jadi Paru-Paru Dunia, Mangrove Juga Jamin Food Security Warga Pesisir.

Gunung Lawu sama seperti gunung lainnya di Pulau Jawa dipercaya sebagai pusat kekuatan sakral dan pemujaan yang menghubungkan masyarakat Jawa kuno dengan dewa atau leluhur yang dianggap memiliki kekuatan gaib, sehingga kerap digunakan sebagai lokasi ruwatan.

Pigeaud dalam De Tantu Panggelaran, 1924, menyebut pada zaman dahulu di tengah Jambudwipa berdiri kokoh Gunung Meru. Jambudwipa [India] dikelilingi tujuh samudra dan tujuh benua lainnya. Bhatara Guru memerintahkan para yaksa memindahkan Gunung Mahameru di Jambudwipa ke Jawadwipa. Ulasan lengkap bisa dibaca di Ruwatan di Gunung Lawu, Pusat Pemujaan Suci Masyarakat Jawa Kuno.

Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah menjadi satu-satunya wilayah di Jawa Tengah yang memiliki keunikan pesisir pantai selatan Jawa, yaitu pernah ditemukan jejak pembuatan garam rumahan. Mereka memproduksi garam dari air laut pada 1960-an hingga 1970-an.

Saat itu garam menjadi sumber penghidupan dan untuk barter. Hal itu dibuktikan dengan masih banyaknya puing gerabah (alat memasak dari tanah liat) yang ditemukan di sekitar tebing atau pantai di kawasan Paranggupito. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Jejak Garam Rumahan Paranggupito Wonogiri dan Keunikan Pantainya.

Karapan sapi yang merupakan permainan khas masyarakat Madura, Jawa Timur, pernah digelar di sejumlah daerah di Jawa Tengah, salah satunya di Kota Solo. Berdasarkan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) berjudul Citra Pemerintahan Kota Surakarta dalam Arsip, 2014karapan sapi berlangsung di Kota Solo pada 10 Februari 1957.

Dalam dua foto yang dipublikasikan di buku tersebut, sejumlah orang memegang piala yang diduga merupakan pemenang festival itu. Tampak pula foto sepasang sapi yang disatukan dengan pangonong [kayu pertautan] pada leher. Salah satu peserta lomba pacuan itu mendapatkan nomor urut satu. Ulasan lengkap bisa dibaca di Tak Hanya Madura, Karapan Sapi Pernah Digelar di Solo.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan pembahasan dengan sudut pandang tajam, komprehensif, dan berdata lengkap. Konten premium menyajikan analisis mendalam atas suatu topik. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium tersebut.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pengacara Keluarga Usulkan Brigadir J Jadi Pahlawan Kepolisian

      Ferdy Sambo berpotensi sampai ke puncak karier sebagai orang nomor satu di Polri seperti halnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

      Guru TK Meninggal di Kamar Mandi, Diduga Dibunuh

      Jenazah guru TK itu ditemukan di kamar mandi rumahnya oleh ibu kandungnya.

      Rumdin Ferdy Sambo Diusulkan Jadi Museum Pengingat Kejahatan

      Ferdy Sambo berpotensi sampai ke puncak karier sebagai orang nomor satu di Polri seperti halnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

      Timsus Kapolri Sempat Stagnan, Terbantu Berkat Pengakuan Bharada E

      Ferdy Sambo berpotensi sampai ke puncak karier sebagai orang nomor satu di Polri seperti halnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

      Jejak Berdarah Duren Tiga Akhiri Karier Moncer Ferdy Sambo

      Ferdy Sambo berpotensi sampai ke puncak karier sebagai orang nomor satu di Polri seperti halnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

      Kasus Ferdy Sambo Disorot Media Malaysia, Singapura dan Australia

      Media dari Singapura, Malaysia dan Australia mengulas berita penetapan Ferdy Sambo sebagai tersangka pembunuhan berencana terhadap anak buahnya, Brigadir J.

      Jaksa Yakin Hakim Bakal Hukum Motivator Julianto Eka Putra

      Terdakwa Julianto Eka Putra telah dituntut 15 tahun penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU).

      Pengacara Sebut Asmara Polwan dan Ferdy Sambo, Benarkah Rita Yuliana?

      Pada pertengahan Juli lalu nama AKP Rita Yuliana viral di media sosial karena dikaitkan dengan kasus tewasnya Brigadir J.

      Bharada E: Jika Tidak Menembak, Saya yang Ditembak

      Jika tidak menembak, Bharada E yakin dirinya yang akan ditembak hingga mati.

      Ekosistem Teknologi Kemendikbudristek Wujudkan Transformasi Pendidikan

      Saat ini ada sejumlah platform yang sudah ada pada ekosistem teknologi pendidikan Kemendikbudristek Indonesia.

      Pembunuhan Brigadir J karena Kisah Asmara Ferdy Sambo Terbongkar?

      Ferdy Sambo diduga terlibat kisah asmara dengan seorang polwan sehingga memicu perselisihan dengan istrinya, Putri Candrawathi. 

      Pilpres 2024, Ganjar akan Kalah Jika Tak Diusung PDIP

      Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo belum mendapat restu untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

      Daerah Ini Warganya Sering Bersepeda Motor Tanpa Helm

      Direktur Lalu lintas Polda Papua Barat, Kombes Pol. Raydian Kokrosono, Rabu (10/8/2022), mengatakan sejak Juli 2022 hingga 8 Agustus 2022 polisi menilang 208 pengendara tidak menggunakan helm.

      Pengacara: Brigadir J Dihabisi karena Bocorkan Rahasia Ferdy Sambo

      Salah satu pengacara, Kamaruddin Simanjuntak menyatakan Brigadir J dihabisi karena memegang rahasia Ferdy Sambo dan sempat membocorkannya.

      TKP Kasus Kematian Brigadir J Bertambah 1, Rumah Pribadi Ferdy Sambo

      Ketiga TKP tersebut merupakan rumah mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo.