Mangkunegaran di Tengah Sejarah Perkeretaapian Indonesia

Pengangkatan Sri Paduka Mangkunagoro X sebagai Komisaris PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada Agustus 2022 menjadi momentum untuk mengingat lagi sejarah perkeretapian di Indonesia yang dimulai pada 10 Agustus 1867. Mangkunegaran berperan penting dalam sejarah perkeretaapian Indonesia.

 Suasana kesibukan pembangunan jalur kereta api Semarang-Tanggung. (heritage.kai.id/Koleksi Album NISM)

SOLOPOS.COM - Suasana kesibukan pembangunan jalur kereta api Semarang-Tanggung. (heritage.kai.id/Koleksi Album NISM)

Solopos.com, SOLO – Pengangkatan Sri Paduka Mangkunagoro X sebagai Komisaris PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada Agustus 2022 menjadi momentum untuk mengingat lagi sejarah perkeretapian di Indonesia yang dimulai pada 10 Agustus 1867. Mangkunegaran berperan penting dalam sejarah perkeretaapian Indonesia.

Dihitung dari perjalanan pertama kereta api di Indonesia yang menempuh rute Stasiun Tawang di Kota Semarang menuju Stasiun Tanggung di Kabupaten Grobogan, keduanya di Provinsi Jawa Tengah, sejauh 25 kilometer pada 10 Agustus 1867 berarti kini kereta api di Indonesia telah berumur 155 tahun.

Keterangan pers dari tim ahli Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (K.G.P.A.A.)  Mangkunagoro X menjelaskan  Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menunjuk Sri Paduka Mangkunagoro X sebagai Komisaris PT Kereta Api Indonesia (Persero) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-173/MBU/08/2022 dan SK-174/MBU/08/2022 tanggal 15 Agustus 2022.

Espos Plus Lainnya

+ PLUS Dijajah Belanda, Tapi Tak Bisa Berbahasa Belanda

Pendidikan tak merata pada masa penjajahan Belanda membuat tak banyak masyarakat Indonesia yang fasih berbahasa Belanda.

+ PLUS Reog Ponorogo Media Dakwah Islam dari Riyokun, Husnul Khatimah

Reog Ponorogo adalah salah satu media dakwah Islam yang berasal dari kata riyokun yang berarti husnul khatimah.

+ PLUS Anak Muda Percayai Media Sosial untuk Segala

Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menyebut anak muda kini lebih banyak mencari informasi melalui media sosial sebagai sumber dari segala sumber.

+ PLUS Tegang di Selat Taiwan, Kapal Perang Amerika Serikat Mematai China

Sejumlah kapal perang Amerika Serikat tampak muncul di kawasan Pasifik Barat yang diduga menggertak China atas konfliknya dengan Taiwan.

+ PLUS Waspada Child Grooming, Pintu Masuk Predator Seksual Perdayai Korban

Child grooming merupakan modus predator seksual untuk memperdayai targetnya yang masih anak-anak. Child grooming menjadi pintu masuk predator seksual beraksi dengan mengincar anak di bawah umur.

+ PLUS Kabar Tak Sedap Masih Hantui Mi Sedaap di Mancanegara

Kabar tak sedap kembali menghantui Mi Sedaap. Produk Mi Sedaap varian Korean Spicy Chicken ditarik dari peredaran di Hong Kong karena dianggap mengandung etilen oksida, bahan kimia yang biasa dipakai dalam pestisida.

+ PLUS Sagi & Sangkala, Pemain Bola Binaan Hindia Belanda yang Populer Seantero Negeri

Jauh sebelum Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, negara yang kala itu masih bernama Hindia Belanda pernah memiliki dua pesepak bola hebat bernama Sagi dan Sangkala. Dua pemain ini bahkan cukup disegani tak hanya di tanah air, tetapi juga di luar negeri.

+ PLUS Menyibak Latar Gerakan Kiri di Lumbung Merah Klaten

Pada 1950an hingga 1960an, Klaten dikenal sebagai lumbung merah yang memiliki basis aktivis yang berafiliasi dengan gerakan kiri, sebagai akibat dari persoalan kronis agraria puluhan tahun.

+ PLUS Dua Juta Tahun Lalu, Manusia Pertama Mendiami Pulau Jawa

Data antropologi menyebut bahwa Pulau Jawa telah dihuni oleh manusia selama kurang lebih 2 juta tahun. 

+ PLUS Nenek Moyang Suku Jawa, Pelaut Tangguh Austronesia

Seperti kebanyakan kelompok etnis Indonesia yang lain, termasuk masyarakat Sunda, masyarakat Jawa merupakan bangsa Austronesia yang diceritakan sebagai sosok pelaut tangguh.

+ PLUS Kiai Mojo, Panglima Perang Andalan Pangeran Diponegoro yang Diasingkan

Nama Kiai Mojo memang sudah tidak asing di Solo. Walau makamnya berada di Minahasa, Sulawesi Utara, Kiai Mojo sejatinya punya ikatan kuat dengan Kota Solo.

+ PLUS Perlindungan bagi Si Ikan Berjalan, Hasil Evolusi 400an Tahun

Enam spesies ikan hiu berjalan hasil evolusi 400an tahun di perairan Indonesia Timur akhirnya resmi mendapatkan perlindungan dari pemerintah.

+ PLUS Aspal Alam Buton, Harta Karun Dunia asal Sulawesi Tenggara

Sejauh ini, aspal alam hanya ditemukan di tiga lokasi di dunia, salah satunya di Indonesia. Aspal alam ini pun menjadi harta karun dunia yang berharga bagi Indonesia.

+ PLUS Kisah Tiga Pemerintahan di Satu Surakarta, Kota Kolonial dan Raja-Raja

Pada abad ke-17 hingga pertengahan abad ke-20, Kota Solo memiliki tiga pemerintahan berbeda yakni Kasunanan Surakarta, Kadipaten Mangkunegaran dan Residen Belanda.

+ PLUS Alarm "Kiamat" di Inggris yang Turut Hantui Dunia

Sejak 1971, Inggris telah mengalami lima kali resesi. Penurunan nilai poundsterling hingga level terendah dan meningkatnya inflasi pada saat ini menandakan Inggris sudah berada di ambang resesi kembali.

+ PLUS Jejak Manusia Karst dari Gua Kidang Blora

Di Gua Kidang Blora ditemukan kerangka manusia purba modern Homo sapiens berjuluk Manusia Karst yang menghuni kawasan itu pada Zaman Holosen.

+ PLUS Rekahan Gunung Slamet di Dasar Bumi, Munculkan Air Panas Alami

Mata air panas di Kawasan Baturraden, Kabupaten Banyumas dan Guci, Kabupaten Tegal dihasilkan dari panas bumi Gunung Slamet, yang sampai saat ini masih dinyatakan sebagai gunung aktif.

+ PLUS Hubungan Manusia dan Semesta dalam Ritual Tedhak Siten

Meski mengajarkan tentang nilai-nilai luhur, ritual tedhak siten makin jarang dilaksanakan masyarakat Jawa. Ritual ini salah satunya bertujuan mengingatkan seorang anak untuk senatiasa menjaga bumi, tempat manusia berpijak.

+ PLUS Menilik Kualitas Hidup Warga Finlandia yang Disebut Paling Berbahagia di Dunia

Finlandia dinobatkan sebagai negara dengan kualitas hidup terbaik. Negara Seribu Danau ini diberi skor 99,06 dari 100 dan dianggap memiliki kualitas hidup tertinggi secara global.

+ PLUS Manis Gula Olahan, Racun Badan dari Minuman Ringan

Sejumlah produk minuman ringan hanya mencantumkan tambahan gula olahan dalam ukuran sendok makan, yang terkadang diabaikan karena dianggap sedikit, sehingga berpotensi menjadi racun badan di masa depan.