SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

TPS MANGKRAK--Seorang tukang sampah tengah beraktivitas di tempat pengolahan sampah (TPS) di dekat Pasar Mangu, Ngemplak, Jumat (24/11/2011). (JIBI/SOLOPOS/Farida Trisnaningtyas)

Boyolali (Solopos.com)–Tempat pengolahan sampah (TPS) yang terletak di Pasar Mangu, Kecamatan Ngemplak tak terurus.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Padahal peralatan serta perlengkapan pengolahan sampah tersebut sudah lengkap. Namun, hingga kini belum beroperasi.

“Dalam sehari sampah yang masuk mencapai enam gerobak. Sebanyak tiga gerobak berasal dari sampah pasar sedangkan tiga lainnya dari kompleks perumahan,” terang salah satu tukang sampah, Parno saat ditemui wartawan, Jumat (25/11).

TPS itu dibangun untuk mengolah sampah yang ada menjadi pupuk organik sehingga di lokasi itu ada tempat mesin pengolah. Mesin tersebut pernah dioperasikan sekali dan selanjutnya mandeg.

Alhasil, tempat pengolahan sampah itu berubah fungsi. Tempat yang semestinya digunakan untuk pengolahan sampah menjadi tempat pembuangan sampah.  Sampah yang ada pun tidak diolah atau didaur ulang namun, hanya dibakar untuk mengurangi tumpukan.

Salah seorang warga setempat, Mukti berharap pemerintah setempat segera turun tangan. Pasalnya, sampah semakin menumpuk namun tidak segera dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

“Tentu saja ini sangat mengganggu lingkungan sekitar. Kami sudah berusaha membuang sampah pada tempatnya. Namun, tidak ada tindakan yang berkelanjutan,” tandasnya.

(rid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya