SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOGOR — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan Tol Ciawi-Cigombong yang menjadi bagian dari Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Sabtu (1/12/2018). Sebelum diambil alih oleh BUMN pada 2016, proyek pembangunan ruas tol tersebut sebelumnya mangkrak selama 21 tahun.

“Penetapan lelang tol Bogor-Ciawi-Sukabumi ini sudah ditetapkan pada 1997. Sudah ganti investor, saya enggak bisa ngitung berapa kali. Artinya ini sudah 21 tahun,” kata Presiden.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Presiden Jokowi mengungkapkan proses mengambil alih ruas tersebut dilakukan dengan negosiasi yang alot. Setelah setahun lebih, pembebasan lahan baru bisa dimulai pada awal 2016.

“Saya tidak tahu kenapa harus memakan waktu 21 tahun untuk memulai ini. Saya lihat tadi kanan-kiri, kiri-kanan, betapa sangat indah dan cantiknya pemandangan alam yang ada di sini. Apa itu yang menyebabkan lama?” sambungnya.

Beroperasinya ruas Tol Ciawi-Cigombong sepanjang 15,3 kilometer (km) akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari sekitar 1-2 jam menjadi sekitar 20 menit.

Pengusahaan tol Ciawi-Sukabumi dengan total panjang 54 km dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT)  PT Trans Jabar Toll yang saham mayoritasnya dimiliki oleh PT Waskita Toll Road, anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya