Manfaatkan Jaringan TKW, UMKM Jamur Krispi Sragen Tembus Hong Kong

Mantan tenaga kerja wanita (TKW) asal Sragen, Anik Purwanti, berhasil menjalani bisnis jamur krispi. Kini pasarnya tembus sampai Hong Kong dengan memanfaatkan jaringan para TKW di sana.

 Anik Purwanti, 40, pengusaha jamur krispi, menunjukkan produknya saat di rumah produksi yang terletak di Dukuh Kedungpanas RT 018/RW 009, Desa Ngarum, Kecamatan Ngrampal, Sragen, Kamis (30/6/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Anik Purwanti, 40, pengusaha jamur krispi, menunjukkan produknya saat di rumah produksi yang terletak di Dukuh Kedungpanas RT 018/RW 009, Desa Ngarum, Kecamatan Ngrampal, Sragen, Kamis (30/6/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Jamur krispi yang diproduksi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) asal Dukuh Kedungpanas RT 018/RW 009, Desa Ngarum, Kecamatan Ngrampal, Sragen, Anik Purwanti, 40, bisa go international. Produk jamur krispi dengan merek DuCirja itu sudah tembus di pasar Hong Kong.

Anik memulai usaha jamur krispi setelah berhenti menjadi tenaga kerja wanita (TKW) di Hong Kong selama 4,5 tahun. Usaha jamur krispi itu dirintis Anik pada 7 Juli 2010. Awalnya,  ia berjualan jamur krispi menggunakan gerobak dorong di Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Perjuangan Anik cukup berat sebelum memutuskan berwirausaha. Ia sempat tertipu Rp30 juta saat hendak menjadi TKW ke Jepang saat masih gadis. Ia pun nekat menjadi TKW untuk menutup utang Rp30 juta itu dengan menjadi TKW di Singapura selama dua tahun dan belanjut menjadi TKW di Hong Kong selama 4,5 tahun.

Setelah pulang dari TKW dan utang lunas, Anik bersama ibunya merintis jualan jamur krispi di Alun-alun Sragen.

Baca Juga: UMKM di Sragen Ini Temukan Teknik Menggoreng yang Hemat Migor 30 Persen

“Setelah berjalan 3-4 bulan hasilnya belum maksimal. Paling hasilnya habis untuk beli mi ayam. Saat itu saya masih gadis dan berisiko kalau harus pulang jualan malam. Kalau harus membawa ibu saya yang sudah tua juga kasihan. Saya berpikir bagaimana agar tetap di rumah tetapi produk saya yang jalan-jalan,” kisahnya saat berbincang dengan wartawan di kediamannya, Kamis (30/6/2022).

Ide itu muncul setelah ia bertemu dengan mantan TKI asal Sukodono, Asmadi, yang juga merintis UMKM. Dari Asmadi itulah, Anik diajari bagaimana membuat kemasan yang menarik.

Jaringan TKW

Awalnya, Anik masih harus membawa jamur yang telah digoreng ke tempat lain di kecamatan berbeda untuk ditiriskan. Pasalnya saat itu ia belum punya pengering minyak atau spinner.

“Sejak memiliki kemasan sendiri, produk saya sudah bisa dijual ke mana-mana. Saat sebelum pandemi, produk jamur krispi saya bisa sampai Jabodetabek, Kalimantan, dan Soloraya,” jelas Anik yang kini menjadi pengusaha senior dalam Paguyuban UMKM Gading Sukowati Sragen.

Baca Juga: Eks Bupati Sragen Inisiasi E-Learning di SMP & Digitalisasi 6.000 UMKM

Setelah pandemi Covid-19, pasar jamur krispi Anik berubah. Ia kini lebih melayani reseller di Semarang dan sampai ke Hong Kong. Reseller-nya di Hong Kong adalah para TKW.

Anik bergabung dengan Komunitas Aku Harus Jadi Bos (AHJB) yang anggotanya 1.000 TKW dan TKI di Hong Kong. Masing-masing TKW dan TKI itu memiliki produk juga dan mereka bersama-sama saling membantu memasarkan produk.

Anik juga memiliki hingga 20 petani jamur binaan untuk memenuhi kebutuhan produksinya. Setiap hari, ia membutuhkan 25 kg jamur tiram. “Untuk pasokan jamur aman. Kebutuhan dalam jumlah besar pun aman karena ada lumbung bersama di Tangen. Jadi kami pemberdayaan untuk budidaya jamur tiram,” jelasnya.

Anik kini punya dua tenaga kerja yang membantu memproduksi jamur krispi. Selain jamur krispi, Anik juga memproduksi bandeng presto, bawang goreng, pentol jamur, dan kripik usus.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Harga Perumahan di Wonogiri Masih Ada yang Murah Meriah Lo

      Wonogiri terus menjadi kawasan berkembang.

      Bursa Lukisan Perpusda Boyolali Jual Karya Mulai Rp500.000, Yuk Dibeli

      Komunitas seni Sapu Gerang Boyolali menggelar bursa lukisan di area parkir Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Boyolali selama sepekan, Sabtu-Sabtu (13-20/8/2022).

      Komandan Upacara HUT RI Ponpes Ngruki Sukoharjo: Momen Perbaikan Citra

      Komandan upacara yang juga alumnus Ponpes Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Sukoharjo, Ilham Muhajirin, 19, mengatakan upacara HUT Ke-77 RI menjadi perayaan ulang tahun ke-50 sekaligus momen perbaikan citra ponpes.

      Khidmat, Malam Tirakatan HUT ke-77 RI di RT 002 Klodran Indah Colomadu

      Pelaksanaan Malam Tirakatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di RT 002/RW 009 Perumahan Klodran Indah Colomadu Karanganyar berlangsung khidmat yang digelar secara offline.

      87 Penumpang Naik KRL Solo Balapan-Palur pada Hari Pertama Uji Coba

      KRL lintas Solo Balapan-Palur akhirnya mulai beroperasi tepat pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022).

      7 Napi di LP Kelas II B Wonogiri Bebas saat HUT ke-77 RI

      Sebanyak 217 warga binaan pemasyarakatan (WBP) LP Kelas II B Wonogiri mendapat remisi kemerdekaan saat perayaan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

      Kali Pertama, Siapa Pencetus Upacara HUT RI di Ponpes Ngruki Sukoharjo?

      Upacara HUT ke-77 Republik Indonesia pertama di halaman Pondok Pesantren (ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022).

      Mangkunegaran di Tengah Sejarah Perkeretaapian Indonesia

      Pengangkatan Sri Paduka Mangkunagoro X sebagai Komisaris PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada Agustus 2022 menjadi momentum untuk mengingat lagi sejarah perkeretapian di Indonesia yang dimulai pada 10 Agustus 1867. Mangkunegaran berperan penting dalam sejarah perkeretaapian Indonesia.

      HUT RI, Kegagalan Paskibra Solo Terbayar Lunas saat Penurunan Bendera

      Para anggota Paskibra Solo membayar lunas kegagalan mereka dengan keberhasilan pada upacara penurunan bendera peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Stadion Sriwedari.

      Upacara HUT RI Ponpes Ngruki Sukoharjo, Pertama sejak 50 Tahun Berdiri

      Upacara HUT ke-77 Republik Indonesia di halaman Pondok Pesantren (ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022), menjadi yang pertama bagi mereka sejak 50 tahun berdiri.

      14 Unit RTLH di Klaten bakal Dibangun Rumah Baru, di Sini Lokasinya

      Lebih dari 1.508 unit rumah tak layak huni (RTLH) di Klaten menjadi sasaran bantuan stimulan rehab dari pemerintah.

      Pemkab Klaten Tak Gelar Karnaval saat HUT RI, Ini Gantinya

      Pemkab Klaten memilih tak menggelar karnaval budaya pada perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini.

      Peroleh Remisi Kemerdekaan, Begini Komentar Warga Binaan di LP Klaten

      Sebanyak 182 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Klaten menerima remisi atau potongan hukuman pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini.

      Momen Abu Bakar Baasyir Ikuti Upacara HUT RI di Ponpes Ngruki Sukoharjo

      Pendiri Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Ustaz Abu Bakar Baasyir, turut serta dalam upacara HUT ke-77 Republik Indonesia, di Pondok Pesantren (ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022).

      Sejarah Desa Ponggok Klaten, Lokasi Air Melimpah dari Gunung Merapi

      Desa Ponggok terkenal dengan objek wisatanya, yaitu Umbul Ponggok.