SOLOPOS.COM - Teknologi Google AR augmented reality untuk menangani persoalan physical distancing Covid-19. (Istimewa)

Solopos.com, SAN FRANCISCO - Google membuat terobosan mendukung physical distancing untuk menghindari penularan Covid-19. Google memanfaatkan AR, augmented reality, di teknologi rancangan terbarunya.

Google Hapus Ulasan Negatif Tiktok di Play Store, Kok Gitu?

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Dilansir dari laman The Verge, untuk mengakses fitur Google ini kamu perlu masuk di halaman browser Chrome dan membuka halaman dengan alamat goo.gle/sodar untuk masuk pada perangkat bernama SODAR. Bukan sebuah aplikasi, namun halaman tersebut akan membuka kamera ponsel kamu dan menunjukkan rentang jarak yang tepat secara nyata.

Ponsel kamu akan menggunakan augmented reality dan memberikan jarak yang tepat satu sama lain di sekitar kamu dan memberikan lingkar radius dua meter pada tampilan ponsel kamu. Dalam pengujian SODAR digunakan Samsung Galaxy S20 dan menggambarkan akurasinya sebagai "cukup dekat".

Kiat Menjalani Normalitas Baru Saat dan Setelah Pandemi dari Pakar Google

Program SODAR dengan Google AR

Meski tak selalu akurat, namun jarak sosial ini menjadi penting dan menyadarkan siapa pun jika rentang jarak sosial akan lebih tercerahkan dengan bantuan aplikasi. Hal ini adalah satu yang berguna daripada membayangkan visual dua meter yang tak pasti dalam menentukkan jarak sosial satu sama lain.

Google Pernah Emoh Mengakuisisi Zoom, Sekarang Nyesel?

AR umumnya diakses melalui kamera ponsel yang menampilkan visual lapisan ke lingkungan sekitarnya di layar perangkat. Dengan kata lain, yang bekerja adalah bukanlah ponsel itu sendiri melainkan dibantu dengan afanya aplikasi pendukung.

AR sering dikodekan untuk aplikasi ponsel dan diterjemahkan secara reaktif tergantung pada lokasi pengguna. Ini dapat diprogram mirip dengan realitas virtual, tetapi umumnya tidak membutuhkan mesin canggih untuk membuat.

AR berpotensi reaktif terhadap dunia nyata. Hal ini terjadi karena AR digabungkan dalam lingkungan nyata. Dengan kata lain, dunia AR terjadi secara langsung terhadap dunia nyata.

Tangani Pasien Covid-19, Tenaga Medis Puskesmas Kedawung Sragen Diteror Via WA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya