Manfaat Pisang Merah bagi Tubuh: Cegah Batu Ginjal hingga Kolesterol
Pisang merah (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA--Manfaat pisang merah bagi tubuh sangat banyak. Maka tak heran jika buah ini semakin populer belakangan ini.

Apalagi nilai gizinya yang tinggi dibandingkan dengan pisang kuning dan hijau. Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini. Studi menyebut, bahwa pisang merah lebih unggul dari jenis pisang lain, karena mengandung beta-karoten dan vitamin C yang lebih tinggi daripada pisang biasa. Pisang merah juga merupakan sumber antioksidan alami lainnya seperti gallocatechin gallate, dopamine, L-dopa dan catecholamines.

Pisang merah kaya serat makanan dan menyediakan sekitar 16 persen dari jumlah serat yang direkomendasikan setiap hari.

Berikut ini manfaat pisang merah untuk kesehatan dikutip dari www.boldsky.com dan Bisnis.com, Selasa (6/4/2021) :

1. Mencegah batu ginjal

Kalium dikaitkan dengan penurunan risiko batu ginjal. Pisang merah mengandung kalium tinggi, sehingga dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Makan pisang merah secara rutin bisa menjadi cara efektif untuk mengurangi risiko batu ginjal.

2. Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat pisang merah adalah meningkatkan kesehatan otak. Dopamin adalah neurotransmitter penting yang membantu meningkatkan suasana hati dan stabilitas emosional. Ini juga dapat membantu mencegah risiko penyakit neurodegeneratif seperti parkinson dalam jangka panjang.

Baca Juga: Ketahui 5 Kesalahan Sarapan Yang Sering Dilakukan Tanpa Sadar

3. Mengurangi kadar kolesterol

Pisang merah mengandung fitosterol, yakni sterol tumbuhan alami dengan struktur yang mirip dengan kolesterol. Fitosterol membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh dengan cara diserap diusus. Daging dan kulit pisang merah kaya akan fitosterol.

4. Memperbaiki penglihatan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pisang merah kaya akan provitamin A karotenoid, antioksidan nabati yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin esensial ini dikenal untuk meningkatkan penglihatan yang baik dan mencegah risiko degenerasi makula dan katarak.

5. Menurunkan kadar glukosa Pisang merah merupakan sumber pati resisten yang baik, yaitu sejenis serat larut. Ini dapat membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh setelah makan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Konsentrasi antioksidan yang tinggi seperti flavonoid dan mineral seperti kalium dalam buah juga dapat membantu mengelola kadar glukosa pada penderita diabetes.

6. Sumber energi instan

Pisang merah merupakan sumber energi instan karena mengandung sekitar 90 kalori (berukuran kecil) bersama dengan kandungan air, karbohidrat, dan nutrisi penting seperti vitamin B6, magnesium, potasium, dan vitamin C. Konsumsi pisang merah memberikan energi instan sedangkan serat dalam buah membantu menjaga kadar gula tetap stabil. Mereka juga membantu mencegah kelesuan, dan oleh karena itu, dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk disertakan dalam sarapan.

7. Mengobati sakit maag

Pisang merah bisa untuk mengobati maag (ilustrasi/Freepik)
Pisang merah bisa untuk mengobati maag (ilustrasi/Freepik)

Mengonsumsi pisang merah secara teratur dapat membantu meredakan mulas. Pisang ini memiliki efek antasid dan dengan demikian, memberikan kelegaan cepat dari mulas dan masalah refluks asam lambung lainnya. Daging buah pisang merah membantu memberikan efek menenangkan pada perut.

8. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat pisang merah bisa dirasakan bagi pelaku diet. Hal ini karena kandungan kalorinya yang lebih sedikit dibandingkan dengan pisang warna lainnya. Pisang ini memberi rasa kenyang tanpa menambahkan terlalu banyak kalori. Dengan demikian, mengonsumsi pisang merah secara rutin pada akhirnya dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Wah! Wanita Ini Raup Cuan Dari Kentut

9. Meningkatkan aliran darah

Manfaat pisang merah lainnya adalah meningkatkan aliran darah. Antosianin adalah flavonoid yang memberi warna alami pada makanan seperti merah, ungu, dan biru. Studi mengatakan bahwa flavonoid membantu dalam banyak fungsi kekebalan kompleks yang berkaitan dengan menjaga kesehatan pembuluh darah. Pisang merah kaya antosianin dibandingkan dengan pisang kuning dan hijau, itulah sebabnya dapat membantu meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Selain itu, adanya vitamin B6 dalam pisang merah dapat membantu menjaga jumlah hemoglobin dalam tubuh.

10. Mengurangi risiko penyakit jantung

Seperti yang telah disebutkan di atas, pisang merah dapat membantu memperlancar aliran darah dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Faktor-faktor tersebut berperan dalam menurunkan risiko penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

 



Berita Terkini Lainnya








Kolom