Tutup Iklan

MANFAAT KERINGAT Bagi Kesehatan

 Ilustrasi (foto: Getty)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (foto: Getty)

Ilustrasi (foto: Getty)

Selama berabad-abad, berbagai budaya yang berbeda telah mempromosikan efek berkeringat bagi kesehatan lewat mandi uap dan sauna. Banyak orang percaya bahwa peningkatan suhu tubuh yang memicu keringat bermanfaat bagi kesehatan.

Penelitian menunjukkan bahwa berkeringat tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga bermanfaat bagi kecantikan dan menjaga berat badan.

Keringat merupakan sistem pendinginan tubuh alami ketika suhu tubuh terlalu panas, demam atau berolahraga. Cairan keringat sebagian besar terbuat dari air bercampur garam dan sejumlah kecil limbah yang dikeluarkan lewat kelenjar keringat di permukaan kulit. Ketika cairan menempel di permukaan kulit dan mulai menguap, maka proses pendinginan tubuh dimulai.

Seperti dilansir Fitday.com, Jumat (25/5/2012), berikut adalah manfaat keringat bagi tubuh:

1. Membuang Racun Dari Tubuh
Berkeringat dapat membersihkan zat berbahaya seperti alkohol, kolesterol dan garam dari tubuh. Penelitian menemukan bahwa 30% racun dari tubuh dibuang lewat keringat. Ginjal membutuhkan waktu 24 jam untuk mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh, namun berkeringat menghilangkan racun lebih cepat.

2. Memperlancar Sirkulasi Darah
Berkeringat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ketika tubuh memanas dan mengeluarkan keringat, jantung bekerja lebih keras untuk meningkatkan sirkulasi darah. Mekanisme ini bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang.

3. Mempercantik Kulit
Keringat mengandung sejumlah kecil antibiotik yang dapat melawan bakteri yang ditemukan secara alami pada kulit. Berkeringat juga dapat membersihkan pori-pori yang sehingga membuat kulit terlihat cerah dan halus. Banyak berkeringat juga dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dini dan mengurangi efek kerusakan kulit.

4. Membakar Kalori
Berkeringat juga bisa membantu menurunkan berat badan. Ketika tubuh dipanaskan saat berolahraga, lemak dalam tubuh larut dalam air dan keluar dari tubuh lewat keringat. Berkeringat dapat membakar 300 kalori per jam.

5. Menurunkan Stres
Keringat tidak secara langsung dapat menurunkan stres atau meningkatkan suasana hati. Namun, meningkatkan panas tubuh dengan berolahraga atau sauna memiliki efek positif. Endorfin dan bahan kimia lainnya yang dilepaskan saat berolahraga secara alamiah meningkatkan mood dan menurunkan stres.


Berita Terkait

Berita Terkini

Kapal Bermuatan Pupuk Kebakaran di Perairan Cilacap

Sebuah kapal bermuatan pupuk mengalami kebakaran di perairan Teluk Penyu, Cilacap.

Gass! Xiaomi 12 Bakal Pakai Chipset Snapdragon 8 Gen 1

Bos Xiomi Lei Jun mengumumkan Xiomi 12 bakal didukung chipset terbaru Qualcomm yakni Snapdragon 8 Gen 1.

Piala Soeratin Segera Dimulai, Jateng Ada 29 Peserta

Kompetisi Piala Soeratin U-17 Asprov PSSI Jateng 2021 resmi dimulai 6 Desember 2021. Sebanyak 29 peserta sebagai wakil kota dan kabupaten dipastikan mengirim wakil mereka.

Adik Vanessa Angel Dapat Tawaran Pentas, Begini Reaksi Warganet

Adik Vanessa Angel itu kebanjiran tawaran tampil, setelah merilis lagu cover berjudul Kemarin milik band Seventeen. 

Karanganyar Masih Jadi Juara di Daftar UMK Tertinggi di Soloraya

Karanganyar masih menjadi daerah dengan nilai UMK tertinggi di Soloraya mengalahkan Kota Solo dan Klaten.

Astra Kobarkan Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama Jelang HUT ke-65

Peringatan HUT ke-65 Astra akan menghadirkan kegiatan dengan konsep virtual exhibition, virtual event, dan virtual movement bersama seluruh lapisan masyarakat sepanjang tahun 2022.

Tabrak Tembok Jl. Asrama Haji-Gagaksipat, 2 Pengendara Motor Meninggal

Kedua korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada Rabu pagi oleh warga setempat yang kebetulan melintas.

Ikatan Cinta 1 Desember 2021: Rendy Mundur Bantu Sembuhkan Jessi?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Rabu, 1 Desember 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Emak-Emak di Wonogiri Tangkap Peluang Bisnis dengan Batik Ciprat

Sebanyak 25 perempuan mengikuti pelatihan membatik untuk membangkitkan ekonomi desa di Balai Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Wonogiri, selama tiga hari sejak Minggu (28/11/2021).

Peserta Reuni 212 Bakal Kena Sanksi Pidana

Aparat Polda Metro Jaya memastikan bakal menindak tegas massa yang nekat menggelar Reuni 212 di Jakarta pada Kamis (2/12/2021).

Harga Gaun Nagita Slavina Saat Umumkan Nama Anak Setara Motor Baru

Selain harga gaun Nagita Slavina yang jadi sorotan, outfit yang dikenakan Rayyanza Malik Akhmad juga sukses mencuri perhatian.

Makin Serem Aja, Qualcomm Luncurkan Snapdgragon 8 Gen 1 Diluncurkan

Qualcomm rilis chipset untuk smartphone baru, Snapdragon 8 Gen 1.

Yamaha Hadirkan All New R15 Connected, Ini Fitur-Fitur Andalannya

All New R15 Connected memiliki desain generasi terbaru R-Series dengan R-DNA dan memadukan karakter line up motor Yamaha berkapasitas besar.

UMK Karanganyar 2022 Naik Rp10.000 Lebih Sedikit, Jadi Segini

Nominal UMK Karanganyar 2022 ditetapkan Gubernur nyaris sesuai dengan nominal yang diusulkan Apindo.

Viral! Istri Messi Diminta Minggir saat Sesi Foto Ballon d'Or

Lionel Messi berhasil menyabet penghargaan Ballon d'Or 2021. Namun ada sebuah peristiwa menarik jelang jalannya acara penghargaan tersebut.