SOLOPOS.COM - Pengikut aliran Hakekok di Pandeglang diamankan pihak berwajib (Detik.com).

Solopos.com, PANDEGLANG — Aliran sesat Hakekok Balakusata baru-baru ini menghebohkan masyarakat, khususnya warga Pandeglang, Banteng.

Jenis aliran Hakekok semakin viral setelah setelah muncul video para pengikut aliran ini mandi dan bugil bersama di rawa.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Menurut pimpinan aliran sesat Hakekok Balakusata, Arya, 52, yang juga warga Kampung Polos, Desa Waringin Kurung, Cimanggung, Pandeglang, mengaku bugil dan mandi bersama di rawa itu dilakukan untuk membersihkan dosa dan menjadikan mereka sebagai orang yang lebih baik.

Baca Juga:  Siap-siap! Ini Dia 10 Formasi CPNS yang Sepi Peminat pada 2019

Arya mengaku aliran ini diperoleh dari guru dan kedua orang tuanya secara langsung

Meski beralasan seperti itu, Arya kini harus rela diamankan oleh pihak kepolisian.

Baca Juga:  Viral Aliran Hakekok yang Diduga Sesat, Pengikutnya Bugil dan Mandi Bersama

“Betul saat ini sudah kami amankan dan mereka sedang menjalani pemeriksaan di Polres Pandeglang,” ungkap Kapolres Padeglang, AKBP Hamam Wahyudi, sebagaimana dikutip dari Suara.com.

Bukan hanya Arya, pengikut aliran Hakekok yang sesat ini jgua diamankan oleh pihak berwajib. Mereka terdiri dari delapan orang laki-laki, lima orang perempuan, dan tiga anak-anak.

Baca Juga: Dari Aminah Jadi Amin, Ini Kronologi Warga Boyolali Alami Perubahan Alat Kelamin

Kata MUI Menyimpang

Sebetulnya aliran sesat Hakekok Balakasuta ini sudah diketahui oleh MUI Pandeglang sejak lama. Bahkan, MUI sudah pernah melakukan pembinaan terhadap para pengikutnya. Namun, aliran ini muncul kembali dan membuat resah masyarakat.

“Memang sebenarnya sudah dibina oleh tokoh masyarakat, oleh MUI dan sudah kondusif. Namun kemarin muncul kembali di luar sepengetahuan kami,” beber Ketua MUI Pandeglang, Hamdi Ma’ani.

Baca Juga: Dulu Hanya Penonton Bayaran, Sederet Artis Ini Sekarang Tajir Melintir

Sekretaris MUI Pandeglang, Ghaffar AL Hatiri pun sepakat jika aliran sesat Hakekok ini menyimpang.

“Jelas itu menyimpang, sudah terlalu jauh itu. Ritual telanjang seperti itu oleh agama-agama lain pun pasti tidak dibenarkan,” ungkap dia kepada Detik.com, Kamis (11/3/2021).

Baca Juga:  Artis Ini Dijodohkan dengan Kaesang Pangarep, Komentar Kahiyang Ayu Disorot

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya