SOLOPOS.COM - Pemain Manchester United Ryan Giggs (kanan) dan teman-temannya setimnya melakukan selebrasi setelah mengalahkan Bayer Leverkusen. (JIBI/Reuters/Ina Fassbender)

Solopos.com, LEVERKUSEN —  Manchester United memastikan satu tempat di babak 16 besar Liga Champions. The Red Devils melakukannya dengan cara yang sangat mengesankan, yaitu menang telak 5-0 di kandang Bayer Leverkusen.

Mengunjungi BayArena, Kamis (28/11/2013) dinihari WIB, MU yang tampil tanpa Robin van Persie unggul 2-0 pada paruh pertama. Antonio Valencia menciptakan gol pembuka, sebelum gol bunuh diri Emir Spahic menggandakan keunggulan tim tamu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Memasuki paruh kedua, MU mencetak tiga gol tambahan. Jonny Evans, Chris Smalling, dan Nani mencatatkan namanya di papan skor.

Dengan tambahan tiga angka, MU kini memuncaki klasemen sementara Grup A dengan raihan 11 poin dari lima pertandingan. Mereka dipastikan lolos ke babak 16 besar karena Leverkusen yang ada di urutan ketiga baru mengumpulkan tujuh poin.

Ekspedisi Mudik 2024

Seperti dilansir detiksport, MU berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-22, lewat sebuah serangan balik, Wayne Rooney mengirimkan sebuah umpan silang ke tiang jauh. Di sana ada Valencia yang dengan mudah mencocor bola ke dalam gawang.

Berselang delapan menit, tim tamu menggandakan keunggulannya. Tendangan bebas Rooney salah diantisipasi oleh Spahic. Sundulan Spahic malah mengarah ke gawang timnya sendiri. Leverkusen 0, MU 2.

Shinji Kagawa berpeluang membawa MU unggul tiga gol pada menit ke-32. Tapi, tembakan mendatarnya masih terlalu lemah dan mudah diamankan oleh kiper Leverkusen, Bernd Leno.

Leverkusen terus berusaha memperkecil ketertinggalan dan mereka mendapatkan kesempatan lewat Gonzalo Castro. Namun, tembakan Castro dari luar kotak penalti tak mengarah ke gawang. Hingga babak pertama berakhir, tak terjadi perubahan skor. MU masih unggul 2-0.

MU nyaris mencetak gol ketiganya pada menit ke-58. Nani bermain umpan satu-dua dengan Rooney dan kemudian melepaskan tendangan menyilang. Namun, arah bola masih sedikit melenceng.

Lima menit kemudian, giliran Rooney yang nyaris menjebol gawang Leverkusen. Tapi, tembakannya melenceng tipis ke samping gawang.

MU benar-benar menggetarkan gawang Leverkusen lagi pada menit ke-66. Diawali sepak pojok Giggs, Rooney menembak tapi bisa dimentahkan oleh Leno. Bola rebound dikuasai oleh Evans, yang dengan tenang menceploskannya ke dalam gawang.

MU membuat Leverkusen makin menderita lewat gol keempat yang mereka ciptakan. Gol Smalling pada menit ke-77 ini diawali umpan cantik Kagawa kepada Rooney. Rooney kemudian mengangkat bola melewati kepala Leno. Smalling yang tak terkawal dengan mudah mendorong si kulit bundar ke gawang kosong. Leverkusen 0, MU 4.

Peluang yang didapat Phil Jones hampir saja berbuah gol kelima MU. Tapi, tendangan memantul tanah Jones bisa ditepis Leno meski dengan susah payah.

Pesta gol MU akhirnya ditutup oleh Nani pada menit ke-88. Mendapatkan umpan matang dari Giggs, dia mampu melewati Leno dan melambungkan bola ke dalam gawang kosong.

Eren Derdiyok berpeluang mencetak satu gol hiburan untuk Leverkusen. Sial buat dia, tembakan kerasnya digagalkan David de Gea.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya