Manchester United Datangkan Rangnick, Posisi Ronaldo Terancam?

Manchester United dikabarkan telah menunjukkan Ralf Rangnick sebagai manajer interim untuk membesut Cristiano Ronaldo dan kolega.

 Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo merayakan gol. (Twitter)

SOLOPOS.COM - Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo merayakan gol. (Twitter)

Solopos.com, MANCHESTER — Manchester United dikabarkan telah menunjuk Ralf Rangnick sebagai manajer interim atau pelatih sementara. Kedatangan pelatih asal Jerman itu pun dikabarkan akan membuat posisi Cristiano Ronaldo di skuat inti Setan Merah, julukan Manchester United, bakal tergusur.

PromosiKebocoran Data Bank Indonesia Momentum Mempercepat Pengesahan RUU PDP

Kabar penunjukkan Rangnick sebagai manajer interim Manchester United, menggantikan posisi yang ditinggalkan Ole Gunnar Solksjaer, disampaikan jurnalis sepak bola asal Italia, Fabrizio Romano, melalui akun Twitter. Romano selama ini memang dikenal sebagai jurnalis yang handal dalam urusan transfer pemain maupun pelatih kompetisi sepak bola Eropa.

“Ralf Rangnick bicara kepada petinggi Man United pada Senin [kemarin] untuk menerima tawaran menjadi pelatih interim. Setelah itu, ia akan menjabat sebagai konsultan di klub, termasuk dalam negosiasi mendatangkan pemain. Dewan kehormatan menghubungi Lokomotiv Moscow hari ini untuk menyelesaikan kesepakatan,” tulis jurnalis Italia Fabrizio Romano di akun Twitter, @FabrizioRomano, pada Jumat (26/11/2021) siang.

Baca juga: Cristiano Ronaldo Ternyata Ingin Gabung Atletico Madrid sebelum ke MU

Skuat Setan Merah menyusul jejak Chelsea dan Liverpool yang menggunakan jasa pelatih asal Jerman. Ralf Rangnick bakal menjadi pelatih pertama asal Jerman yang menangani Manchester United.

Sebelumnya, pelatih asing yang menangani Manchester United berasal dari Skotlandia, Wales, Belanda, Portugal dan Norwegia. Sejauh ini, Sir Alex Ferguson menjadi pelatih asing tersukses. Ia tercatat memberikan 38 trofi selama hampir 27 tahun (1986-2013) menangani MU. Dua pelatih Jerman sama-sama sukses membawa klub Inggris berbuat banyak di liga domestik maupun Liga Champions. Jurgen Klopp pelatih Liverpool dan Thomas Tuchel di Chelsea sama-sama sukses. Jurgen Klopp sukses besar bersama Liverpool. Jurgen Klopp mengakhiri paceklik gelar juara Liverpool di Liga Inggris yang berlangsung selama 30 tahun. Mantan pelatih Borussia Dortmund itu juga mengantarkan si Merah juara Liga Champions 2018-2019.

Gegenpressing

Sementara itu, Thomas Tuchel sukses membawa Chelsea juara Liga Champions 2020-2021 kurang dari enam bulan menangani Chelsea. Thomas Tuchel dalam posisi yang tepat untuk membawa Chelsea juara Liga Inggris 2021-2022. Hingga pekan ke-12 Liga Inggris 2021-2022, Chelsea duduk di puncak klasemen dengan 29 angka, unggul tiga poin dari Manchester City di tempat kedua.

Melansir Okezone.com, kehadiran Ralf Rangnick berpotensi membuat megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo, terbuang ke bangku cadangan. Gaya permainan eks pelatih RB Leipzig ini tidak cocok dengan gaya permainan Ronaldo yang cenderung menunggu. Ralf Rangnick dikenal sebagai pencetus gegenpressing atau dalam bahasa Inggris disebut counter pressing. Strategi ini memang identik dengan pelatih Liverpool, Jurgen Klopp.

Baca juga: Penonton Manchester United di Old Trafford Harus Sudah Vaksinasi Covid-19

Namun, siapa sangka justru Ralf Rangnick yang merupakan penemu dari strategi ini. Tak heran, Ralf Rangnick dijuluki sebagai profesor atas penemuannya tersebut. Bahkan, Ralf disebut-sebut sebagai mentor Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel. Gegenpressing merupakan strategi menekan lawan seluruh tim ketika kehilangan bola. Dalam kondisi menyerang, pemain belakang juga melakukan pressing yang sangat tinggi karena pemain belakang bisa menyentuh garis tengah lapangan. Strategi itu dinilai tak cocok dengan Cristiano Ronaldo karena cenderung malas melakukan pressing atau merebut bola dari kaki lawan.

Ketika Manchester United kalah 2-4 dari Leicester City beberapa pekan lalu, Cristiano Ronaldo dikritik karena malas membantu merebut bola dari kaki lawan. Saat itu, pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, pasang badan. Meski dibela Solskjaer, pandangan banyak orang terhadap Cristiano Ronaldo malas pressing masih ada sampai sekarang. Jika dalam kondisi bugar, Edinson Cavani diprediksi lebih dipercaya Ralf Rangnick daripada Cristiano Ronaldo. Penyerang berjuluk El Matador ini dikenal mobile dan tak segan membantu pertahanan.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Umat Konghucu Sambut Tahun Baru Imlek dengan Lima Ritual Ibadah

+ PLUS Umat Konghucu Sambut Tahun Baru Imlek dengan Lima Ritual Ibadah

Bagi umat Konghucu perayaan tahun baru Imlek adalah perayaan keagaman. Bagi warga Tionghoa secara umum, perayaan tahun baru Imlek adalah ungkapan syukur sekaligus harapan tentang kehidupan yang lebih baik.

Berita Terkini

LIVE Indonesia vs Timor Leste: Selesai, Tim Garuda Menang 4-1

Timnas Indonesia menghadapi tantangan Timor Leste dalam laga uji coba di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Tersisih di Persis Solo, Rijal Torres Malah Moncer di Persiraja

Assanur Rijal atau yang dikenal sebagai Torres gagal menemukan performa terbaiknya selama membela Persis Solo dalam gelaran Liga 2 2021 lalu.

Persis Youth Fokus Asah Skill Individu Pemain Jelang Kompetisi

Direktur Teknik Persis Solo Misha Radovic menyebut peningkatan skill individu pemain Persis Youth masih sangat diperlukan.

Persis Youth Menangi Laga Uji Coba, Misha Radovic: Masih Ada Kekurangan

Persis Solo Youth terus menunjukkan tren positif menjelang kompetisi Elite Pro Academy (EPA) musim ini.

Madrid Incar Haaland, Dortmund Maunya Ditukar 3 Pemain Sekaligus

Borussia Dortmund dikabarkan tidak masalah striker andalannya, Erling Haaland, digaet oleh Real Madrid pada musim panas mendatang.

Catat Lur! Berikut Link Streaming Indonesia vs Timor Leste Malam Ini

Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste dalam laga persahabatan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam.

Ada Mesir dan Senegal, Ini Tim yang Lolos Perempatfinal Piala Afrika

Piala Afrika 2021 telah memasuki babak perempatfinal. Sebanyak delapan tim telah memastikan diri lolos ke fase tersebut.

Pemkot Solo Kebut Persiapan Tuan Rumah ASEAN Para Games

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terus mengebut persiapan sebagai tuan rumah ASEAN Para Games ke-11 pada Juli 2022 mendatang.

14 Klub Bulu Tangkis Berebut Piala Wali Kota Solo

Sebanyak 300 atlet dari 14 klub bulu tangkis asal Solo berebut Piala Wali Kota Solo perdana dalam Kejuaraan Kota Bulu Tangkis di Gor FKOR UNS.

Sudah Ada PES, Esport Persis Solo Bakal Tambah Cabang Game

Manajemen Persis Solo berencana menambah cabang game baru selain Pro Evolution Soccer (PES) untuk tim esport Persis Solo.

Indonesia vs Timor Leste: Shin Tae-yong Sudah Pantau Kekuatan Lawan

Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste dalam laga persahabatan yang masuk ke dalam kalender FIFA.

Ini 5 Sport Tourism Ciamik di Batang Jawa Tengah, Sudah Pernah Coba?

Inilah 5 sport tousim yang dipromosikan Bupati Batang, Wihaji, melalui akun Instagramnya.

Kalahkan Juara Dunia Bulu Tangkis, Gibran: Menang Tapi Ngos-Ngosan

Pasangan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dengan Ketua PBSI Solo, F.X. Hadi Rudyatmo sukses menaklukkan pasangan juara dunia Sigit Budiarto dengan Ketua PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf.

Saat Pasangan Gibran-Rudy Melawan Mantan Juara Dunia Bulu Tangkis

Gibran-Rudy bertanding melawan mantan juara dunia bulu tangkis di laga pembuka Kejurkot Bulu Tangkis Piala Wali Kota Solo.

Demi Peringkat FIFA, Timnas Indonesia Siap Bekuk Timor Leste

Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste pada laga persahabatan, Kamis (27/1/2022).

Pemain Esport Berharap Persis Solo Datangkan Bintang Muda Persebaya

Pemain Esport Persis Solo, Puspamba Harma Ibrahim, mengakui kebijakan transfer Persis Solo sangat berpengaruh di dunia esport.