Manchester City vs Chelsea (JIBI/Reuters/Carl Recine)

Solopos.com, MANCHESTER — Tak banyak yang menyangka Chelsea bisa segera merangsek ke papan atas setelah apa yang mereka alami di awal musim. Dibantai Manchester United 0-4 di laga perdana dan hanya memetik satu kemenangan di empat laga awal menjadi pembuka musim yang getir bagi The Blues. Namun Chelsea perlahan berhasil menemukan keseimbangan di bawah Frank Lampard.

Jorginho dkk. belakangan mengamuk dengan menyapu bersih lima laga terakhir dengan kemenangan. Hasil itu membuat The Blues melejit ke peringkat ketiga dengan 26 poin dari 12 pertandingan. Poin mereka bahkan sudah melebihi Manchester City, kompetitor utama Liverpool di awal musim ini yang kini tercecer di peringkat keempat dengan 25 poin.

“Kami sudah mencapai level yang luar biasa. Saya puas tim bisa berada di posisi ini. Namun kami masih ingin lebih, ini bukan akhir kisah kami,” ujar Pelatih Chelsea, Frank Lampard, seperti dilansir Football London, Jumat (22/11/2019).

Lampard memang akan membuka lembaran tantangan baru apabila sukses menjungkalkan City dalam lawatannya ke Etihad, Minggu (24/11/2019) dini hari WIB. Laga tersebut bisa dibilang menjadi penentuan siapa yang paling layak menjadi pesaing utama Liverpool dalam perburuan gelar Liga Inggris.

Kekalahan memang akan membuat mereka tercecer dari persaingan mengingat Liverpool kini telah mengantongi 34 angka dan berpotensi bertambah karena mereka “hanya” akan melawan Crystal Palace akhir pekan ini. “Ya, kami akan berada dalam jalur persaingan dengan Liverpool [jika mampu membekuk City]. Laga nanti akan sangat berat karena saya melihat mereka [City] punya kekuatan serupa,” kata Lampard.

Bukan hal mudah bagi The Blues untuk mempermalukan City di hadapan publik Etihad. Dilansir Transfermarkt, Chelsea hanya membawa pulang tujuh poin dari markas City selama 10 tahun terakhir. Dari 10 lawatan terakhir, Chelsea takluk tujuh kali dan hanya memetik dua kemenangan, sisanya imbang.

Kekalahan terakhir The Blues di Etihad pun sangat memalukan lantaran mereka digelontor enam gol tanpa balas musim lalu. Kekalahan itu bisa menghantui Mason Mount dkk. apabila mereka tidak fokus saat laga. Beban Chelsea bertambah karena Christian Pulisic dipastikan absen karena cedera.

Di sisi lain City mendapat kabar baik dengan kembalinya Ederson. Kiper utama City itu telah pulih dari cedera yang didapatnya saat melawan Liverpool 10 November lalu. Namun kekuatan tuan rumah sedikit berkurang dengan absennya Bernardo Silva karena skorsing. Posisinya akan digantikan Riyad Mahrez.

Pelatih City, Josep “Pep” Guardiola, mengaku tak terlalu merisaukan duel melawan Chelsea. Dia menilai persaingan menuju gelar masih sangat terbuka karena kompetisi baru memasuki bulan November. “Beberapa pekan lalu hanya ada dua kompetitor [menuju gelar] dan sekarang ada empat. Mungkin besok ada enam klub. Sekarang baru November, masih ada banyak laga untuk dimainkan,” ujar Pep dilansir Manchester Evening News. Chrisna Chanis Cara/JIBI)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten