SOLOPOS.COM - Para pemain Manchester City, (dari kiri ke kanan), Edin Dzeko, David Silva dan Jesus Navas, terlihat kecewa setelah timnya kalah dari Chelsea pada lanjutan Liga Premier di Etihad Stadium, Selasa (4/2/2014) dini hari WIB. JIBI/Solopos/Reuters/Nigel Roddis

Solopos.com, MANCHESTER–Rekor tak terkalahkan Manchester City di Etihad Stadium pada kancah Liga Premier musim ini akhirnya terhenti. Chelsea menjadi tim Inggris pertama yang memberi luka pada The Citizen, julukan City, di depan pendukungnya.

The Blues, julukan Chelsea, menghentikan rekor kandang City lewat keunggulan 1-0, Selasa (4/2/2014) dini hari WIB. Gol semata wayang Chelsea diciptakan pemain bertahan, Branislav Ivanovic, di menit ke-32.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kemenangan ini tak membuat Chelsea beranjak dari posisi ketiga. Namun, skuat besutan Jose Mourinho mampu memotong kesenjangannya dengan City, yang menempati urutan kedua, dengan torehan sama 53 poin.

Sementara, bagi City kekalahan ini membuat ambisinya merebut kembali posisi puncak batal terlaksana. City tertinggal dua poin dari Arsenal, yang berada di puncak klasemen.

Ini juga merupakan kali pertama City gagal menyarangkan gol di depan pendukungnya. City meraih kekalahan kali pertama di kandang musim ini saat dipecundangi Bayern Munich di kancah Liga Champions, beberapa waktu lalu. Namun, saat itu City kalah dengan skor 1-3.

Menjamu Chelsea, City sebenarnya tampil lebih dominan. Berbekal produktifitas gol tersubur di Liga Premier sepanjang musim ini serta bermain di depan pendukungnya, Citizen, julukan City, terus mengempur pertahanan Chelsea.

Meski demikian, Chelsea bukanlah tim semenjana. Melalui skema serangan balik, The Blues, julukan Chelsea, acap kali merepotkan barisan pertahanan tuan rumah.

Beberapa kal upaya City melalui Yaya Toure nyaris membuahkan hasil. Di awal pertandingan, umpan silang Kolarov nyaris membuat City unggul, jika Toure mampu menyambar dengan tepat.

Namun, siapa sangka lewat ketenangan permainan dan kecepatan lini tengah dalam membangun serangan balik, Chelsea justru lebih unggul. Skema serangan balik yang dibangun Eden Hazard memporak porandakan pertahanan City.
Hazard yang lolos dari perngawalan pertahanan sisi kiri City mampu memberi umpan silang mendatar ke Samuel Eto’o. Striker asal Kamerun ini pun langsung melepaskan tembakan namun masih membentur bek City. Bola liar yang menjauh ke luar kotak terlarang City pun langsung disambar Ivanovic dan meluncur deras ke pojok kanan gawang Joe Hart. Chelsea pun unggul 1-0.

Tertinggal City meningkatkan intensitas serangannya. Namun, hingga peluit babak pertama berakhir City gagal mengusik keunggulan Chelsea.

Memasukki babak kedua, Chelsea tampak nyaman dengan skema permainannya. Skuat besutan Jose Mourinho bahkan mengambil inisiatif serangan lebih dulu.

Pada menit ke-66, Chelsea nyaris menggandakan keunggulan. Namun, tandukan Gary Cahill, seusai memanfaatkan sepak pojok, hanya membentur mistar gawang City.

City sedikit demi sedikit mampu bangkit dan kembali menerapkan determinasinya. Pada menit ke-73, City nyaris menyamakan kedudukan, jika tendangan bebas Silva tak mampu ditepis Petr Cech.

The Blue Devils, julukan lain City, terus mencoba mencari gol penyeimbang. Namun, barisan pertahanan Chelsea bermain rapi dan sulit dibongkar.

Alhasil hingga pertandingan berakhir, keunggulan Chelsea 1-0 tetap bertahan.

Susunan Pemain
Manchester City (4-4-2)
Hart; Zabaleta, Kompany, Nastasic, Kolarov; Navas, Demichelis, Toure, Silva; Dzeko, Negredo (Jovetic 56’)
Cadangan: Pantilimon; Rodwell, Clichy, Jovetic, Boyata, Lopes

Chelsea (4-3-2-1)
Cech; Ivanovic, Terry, Cahill, Azpilicueta; Ramires, Matic, Luiz; Willian (Mikel 90+2’), Hazard (Ba 90+3’); Eto’o (Oscar 83’)
Cadangan: Schwarzer; Cole, Lampard, Oscar, Obi Mikel, Salah, Ba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya