SOLOPOS.COM - Ilustrasi praktik manasik haji. (Solopos/dok)

Solopos.com, WONOGIRI – Sebanyak 391 calon jemaah haji 2020 dari Wonogiri menjalankan bimbingan haji secara online sebagai pengganti manasik akibat pandemi Covid-19.

Bimbingan haji dilakukan secara online karena pelaksanaan manasik haji untuk sementara waktu diberhentikan. Sejak 15 April 2020, manasik haji di wilayah Wonogiri mulai diberhentikan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu mengacu kebijakan pemerintah agar tidak mengadakan kegiatan yang mendatangkan kerumunan.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri, Wahid Arbani, mengatakan ada dua jenis manasik haji. Yakni manasik haji sepanjang tahun dan manasik haji secara resmi dari Kemenag.

Sembuh dari Corona, Warga Klaten: Kuncinya Yakin dan Semangat!

Manasik haji sepanjang tahun diselenggarakan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), majelis taklim, maupun perseorangan. Sedangkan manasik resmi dari Kemenag dilaksanakan mendekati pemberangkatan haji.

Pelaksanaannya dilakukan sebanyak delapan kali, enam kali di tingkat distrik, dua kali di tingkat kabupaten.

Manasik Haji Wonogiri

Pada dasarnya, semua pihak bisa menyelenggarkan manasik sepanjang tahun, tetapi harus memenuhi ketentuan yang berlaku. Ketentuan tersebut berupa pembimbing sudah pernah menjalankan ibadah haji dan sudah mendapatkan sertifikat pelatihan bimbingan haji.

Saat ini para calon jemaah telah sampai pada tahap pemantapan pemahaman mengenai ibadah haji. Karena sebelumnya sudah berulang kali mengikuti manasik haji sepanjang tahun dengan mengikuti KBIHU atau majelis taklim sesuai pilihan masing-masing.

Pekan Depan RSUD Moewardi Solo Siap Layani Tes Swab Covid-19

Di Wonogiri terdapat tiga KBIHU, yaitu Ar-Rahman di Kecamatan Slogohimo, As-Syamsu di Kota Wonogiri dan Mambaul Hikmah di Kecamatan Selogiri.

Setelah selesai menjalankan manasik haji sepanjang tahun, calon jemaah mengikuti manasik yang diselenggarakan secara resmi oleh Kemenag, baik di tingkat distrik maupun kebupaten.

“Rencana awal, manasik resmi dari Kemenag akan dimulai sebelum bulan Ramadan. Karena kondisi tidak memungkinkan, ditargetkan bisa terlaksana setelah Lebaran, dengan ketentuan situasi sudah membaik,” kata Wahid Arbani saat dihubungi Solopos.com, Kamis (16/4/2020).

Penarikan Cukai Libur 3 Bulan, Harga Rokok Bakal Turun?

Untuk pemantapan pemahaman bagi calon jemaah, Kemenag Wonogiri memberikan materi secara online. Isi materi tersebut meliputi tata cara pelaksanaan haji, tata cara zikir, buku saku berbentuk pdf dan segala hal yang terkait dengan pelaksanaan haji.

“Kami juga membuat grup di Whatsapp di setiap distrik. Di dalamnya ada mentor yang membimbing dan mengarahkan panduan yang disebarkan secara online. Sebenarnya para jemaah lebih mantap dan puas ketika dibimbing secara langsung, tetapi semua harus mengalah dengan keadaan,” terang Wahid Arbani.

Pemberangkatan Haji

Kemenag RI tengah menyiapkan tiga skenario pemberangkatan haji di tengah pandemi Covid-19. Pertama, tetap diberangkatankan sesuai rencana awal. Kedua, tidak diberangkatkan. Ketiga, diberangkatkan tetapi haya setengah kuota jemaah haji 2020.

Saat ini para calon jemaah tengah melaksanakan tahap-tahap yang harus dilakukan sebelum pemberangkatkan. Karena skenario yang dijalankan sesuai rencana awal, yakni semua jemaah akan diberangkatkan.

Pasien Positif Corona Di Klaten Tinggal 1, Kondisinya Membaik

Jemaah sedang melakukan proses pelunasan di bank syariah. Selain itu, sebagian telah melakukan proses suntik meningitis di Puskesmas setempat.

“Intinya semua proses tetap berjalan sesuai standar protokol awal. Hal ini berlaku hingga menunggu keputusan lebih lanjut,” kata Wahid Arbani.

Pelayanan pendaftaran haji masih tetap berjalan, tetapi dibatasi setiap hari hanya menerima lima orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya