Manakah Kecamatan Terkecil di Wonogiri? Ini Jawabannya

Kecamatan terkecil di Wonogiri ini menawarkan udara yang dingin dan semilir angin sejuk di antara rimbunan pohon pinus dibalut alam pegunungan yang masih asri.

 Ilustrasi Kecamatan Puhpelem, Wonogiri. (kec.puhpelem.wonogirikab.go.id)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kecamatan Puhpelem, Wonogiri. (kec.puhpelem.wonogirikab.go.id)

Solopos.com, SOLO — Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu kabupaten terluas di Jawa Tengah tercatat memiliki 25 kecamatan. Meski wilayahnya cukup luas, Wonogiri punya kecamatan terkecil yang luasnya tidak sampai 30 kilometer persegi.

Wonogiri merupakan kabupaten terluas keempat di Jateng. Kabupaten ini memiliki luas 1.793,67 km persegi. Luas Wonogiri hanya kalah dari Cilacap, Grobogan, dan Brebes.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Memiliki wilayah yang cukup luas, Wonogiri terbagi menjadi 25 kecamatan. Ada yang berbatasan dengan wilayah Jawa Timur, DIY, dan di selatan langsung membentang Samudra Indonesia.

Luas wilayah 25 kecamatan di Wonogiri sangat beragam. Ada yang luasnya mencapai ratusan km persegi, namun ada yang kurang dari 30 km persegi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Wonogiri dalam Angka 2022, kecamatan terkecil di Wonogiri yaitu Puhpelem. Kecamatan ini hanya memiliki luas 29,83 km persegi. Luas Kecamatan Puhpelem ini hanya 1,73% dari total luas Kabupaten Wonogiri.

Baca Juga: Terbaik di Soloraya, SMK di Wonogiri Ini Produksi Wingko Babat Singkong

Meski memiliki wilayah yang tidak luas, kecamatan ini dihuni sekitar 21.460 jiwa. Ini menjadikan tingkat kepadatan penduduk di kecamatan terkecil di Wonogiri ini di atas rata-rata kepadatan penduduk kabupaten itu.

Kepadatan penduduk Puhpelem tercatat 678 jiwa per km persegi, sedangkan kepadatan penduduk Wonogiri adalah 577 jiwa per km persegi.

Puhpelem yang menjadi kecamatan terkecil di Wonogiri ini tercatat memiliki enam desa atau kelurahan. Desa/kelurahan terkecil dalah Giriharjo dengan luas 3,86 km persegi dan terluas Desa/Kelurahan Golo dengan wilayah 6,57 km persegi.

Kecamatan ini memiliki komoditas pertanian unggulan seperti cabai rawit, jahe, dan kunyit. Pada 2020, produksi cabai rawit mencapai 322 kuintal. Kemudian untuk jahe mencapai 81.400 kg dan kunyit menembus 225.000 kg.

Meski menjadi kecamatan terkecil di Wonogiri, Puhpelem punya potensi yang menjanjikan. Dari sisi wisata, Kecamatan Puhpelem mempunyai taman wisata Jurang Genting Bukit Blego tepatnya di Desa Nguneng.

Baca Juga: Kenapa Jumlah Kaum Boro di Wonogiri Tinggi? Ini Jawabannya

Taman wisata Jurang Genting Bukit Blego menyajikan keindahan alam pegunungan yang masih asri. Udara yang dingin dan semilir angin sejuk di antara rimbunan pohon pinus memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya, dan diharapkan nanti taman wisata Jurang Genting Bukit Blego menjadi destinasi andalan di Kecamatan Puhpelem.

Kemudian ada juga durian varietas montong kunung dari Dusun Pogog, di Desa Tengger. Durian pogog sudah dikenal luas. Tak hanya terkenal dalam lingkup daerah, tetapi hingga ke banyak daerah di Jawa Timur. Seiring berjalannya waktu Tengger dicanangkan sebagai desa wisata durian.

Kekhasan Puhpelem lainnya adalah industri mozaik batu alam di Kelurahan Giriharjo yang mampu menghasilkan produksi hingga mencapai 1.000 meter persegi per bulan dan dipasarkan sampai keluar negeri. Itulah fakta-fakta unik tentang Puhpelem yang menjadi kecamatan terkecil di Wonogiri.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Human Zoo, Saat Manusia Jadi Objek Tontonan Layaknya Binatang

+ PLUS Human Zoo, Saat Manusia Jadi Objek Tontonan Layaknya Binatang

Masyarakat modern menjadikan kebun binatang sebagai media tontonan atau wahana hiburan. Namun, manusia juga pernah diberlakukan sebagai objek tontonan pengunjung layaknya hewan di kebun binatang.

Berita Terkini

Harga Jual Porang di Wonogiri Anjlok, Ini Alasannya

Harga jual porang di Kabupaten Wonogiri anjlok hingga Rp2.300/kg dari harga normal senilai Rp6.000-Rp7.000/kg.

Radius Jalur Zonasi PPDB SMA di Sukoharjo Kian Pendek, Ini Sebabnya

PPDB jalur zonasi menerapkan penghitungan koordinator rumah calon siswa baru dengan sekolah.

Pemkab Sragen Diminta Siap Hadapi Lonjakan Permohonan SKKH

Warga meminta Pemkab Sragen siap menghadapi lonjakan permintaan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) menjelang hari raya kurban.

Kabar Duka, Pendiri Yarsis Muhammad Djufrie Meninggal Dunia

Almarhum Muhammad Djufrie diketahui jatuh di rumah pada Jumat pagi.

Ironi SD Inklusi di Karanganyar Tak Punya Guru Inklusi, Ini Saran Pakar

Guru-guru di SD inklusi di Karanganyar diminta menerapkan konsep kurikulum akomodatif dalam pembelajaran di kelas yang terdapat anak berkebutuhan khusus (ABK).

Alhamdulillah, PPPK Karanganyar Terima 3 Gaji Sekaligus

Sebanyak 1.400-an pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di Karanganyar yang baru diangkat Juni lalu menerima pembayaran tiga gaji sekaligus.

Sakjose! Bugisan Klaten Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik Nasional

Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, masuk daftar 50 besar desa wisata terbaik Indonesia.

Puluhan Model Meriahkan Pembukaan Solo Fashion Week 2022 di Mal Paragon

Puluhan model memeragakan busana untuk memeriahkan pembukaan event Solo Fashion Week 2022 di Solo Paragon Mall, Jumat (1/7/2022).

Demo di DPRD Sukoharjo, Warga Tuntut Izin Usaha Holywings Dicabut!

Aksi unjuk rasa terkait Holywings di DPRD Sukoharjo tersebut dijaga ketat aparat kepolisian dan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo.

Warga Karanganyar Lebih Suka Alat Kontrasepsi Ini Ketimbang Kondom

Warga Karanganyar peserta aktif KB lebih suka menggunakan alat kontrasepsi suntik ketimbang jenis lain.

Kunjungi Desa Wisata Bugisan, Sandiaga Kepincut Ecoprint-Pring Sedapur

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengunjungi Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Jumat (1/7/2022).

Wow! Butuh 2 Tahun Lho Membujuk Dream Theater Agar Mau Konser di Solo

Rajawali Indonesia mengaku butuh waktu sekitar dua tahun untuk membujuk Dream Theater agar mau menggelar konser di Solo pada 10 Agustus mendatang.

Tjahjo Kumolo Meninggal, Rudy Kenang Momen Cium Tangan Gegara TKPK

Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo mengaku sangat berduka dan kehilangan sosok Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022).

Belum Diterapkan di Jateng, Beli BBM Pakai MyPertamina di Sragen Bisa?

Jateng tidak masuk wilayah uji coba MyPertamina untuk pembelian BBM bersubsidi. Namun SPBU di Sragen sudah melayani pembelian BBM menggunakan MyPertamina.

Hari Terakhir PPDB, Pendaftar Menumpuk Di SMKN 8 Solo, Kenapa Ya?

Terjadi penumpukan jumlah pendaftar di SMKN 8 Solo pada hari terakhir pendaftaran PPDB jenjang SMA/SMK tahun ajaran 2022/2023, Jumat (1/7/2022).