SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Night Market Ngarsapura

Solo(Solopos.com)--Manajemen produk yang dijual di Night Market Ngarsapura dinilai makin terabaikan.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Hampir dua tahun Night Market Ngarsapura beroperasi di Solo. Tapi, disampaikan Owner Lembaga Studi Desain (Lestude) Solo, Ahmad Adib PhD, visi Night Market mengusung hasil produk unggulan terbaik di Solo belum bisa dibuktikan.

Malahan, saat ini siapapun pedagang bisa berjualan di Night Market Ngarsapura termasuk pedagang makanan tahu bacem sampai pedagang es teh juga bisa masuk. Hal ini disampaikan Ahmad, saat menjadi narasumber dalam Pelatihan Kewirausahaan Diklat Outlet yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop dan UKM) Solo, Rabu (16/11/2011).

“Kalau Pasar Ngarsapura itu mau berumur panjang, ada beberapa hal yang perlu dibenahi,” kata Ahmad. Salah satunya produk. Seperti diketahui, produk yang dijual di Pasar Ngarsapura hanya itu-itu saja. Yang menjadi kelemahan sejak awal, menurutnya, tidak adanya kurator yang menyeleksi produk-produk apa saja yang layak di jual di Pasar Ngarsapura itu. Padahal, sebagai pasar yang menjadi ikon Solo, perlu ada standar terkait produk yang ditawarkan.

“Semua jenis produk dari berbagai kelas nyampur jadi satu. Jarang ada produk baru. Atau produk unggulan baru. Padahal, awalnya pasar itu harapannya bisa jadi outlet outdoor bagi pelaku industri kerajinan unggulan. Memang, di satu sisi produk unggulan Solo tidak banyak,” papar Ahmad.

Menurutnya, kondisi ini perlu dievaluasi lagi. “Pedagang yang bisa berjualan di Ngarsapura perlu diseleksi lagi, jangan hanya asal mau. Kalau memang ingin sejalan dengan visi misi awal, tentukan produk yang bisa jualan di Ngarsapura adalah yang layak ekspor.”

Selain soal produk yang terabaikan, soal layout, penataan hingga cara pedagang melayani pembeli juga harus dibenahi. “Pemerintah Kota (Pemkot) Solo semestinya mulai memikirkan untuk mengevaluasi Pasar Ngarsapura,” ujar dia.

(haw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya