SOLOPOS.COM - Ilustrasi (webizservice.com)

Ilustrasi (webizservice.com)

Ilustrasi (webizservice.com)

Zaman sekarang makin banyak korespondensi atau surat-menyurat yang dilakukan melalui surat elektronik alias email. Nah, ternyata ada hlo, cara untuk mengelola email kita agar terlihat lebih profesional. Yang pasti, trik ini juga membuat kerja kita juga lebih efisien.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Emang siapa sih, yang kasih trik? Ternyata enggak main-main hlo, karena dia adalah mantan Chief Executive Officer (CEO) Google Jonathan Rosenberg. Tips itu tercantum dalam bukunya, How Google Works.

1. Tanggapi dengan cepat. Tanggapi semua email yang masuk sesegera mungkin. Sikap responsif ini akan memberikan citra bahwa Anda adalah orangf yang profesional, bisa dipercaya untuk terlibat dalam tugas-tugas yang penting dan membutuhkan

2. Tulis email dalam bahasa yang jelas dan singkat. Kalau sekadar berkirim surat kepada teman sih enggak apa-apa pakai bahasa gaul. Tapi kalau semisal Anda harus bersurat dengan pimpinan sebuah sekolah atau korespondensi lain yang sifatnya resmi, gunakan bahasa yang baik dan tidak bertele-tele. Semisal Anda harus menguraikan sebuah kronologi atau permasalahan, pastikan penulisannya runtut dan ringkas. Kalau perlu ketik dulu di MS Word, baca kembali, lakukan koreksi-koreksi, baru dikirimkan.

3. Organisasikan email yang masuk. Email yang tak penting atau sampah seperti penawaran-penawaran atau promo lebih baik segera dihapus. Tandai email yang sudah dibaca atau dianggap penting yang membutuhkan respons segera atau kecermatan untuk mempelajarinya.

4. Pertimbangkan siapa orang yang mungkin juga berkepentingan dengan email yang masuk. Kalau memang ada, seperti mungkin teman yangmembutuhkan informasi yang sama, segeralah mem-forward-nya.

5. Perhatikan penggunaan huruf kapital. Penggunaan huruf kapital atau huruf besar pada seluruh kalimat akan ditafsirkan ANDA MARAH atau tidak sopan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya