SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG — Seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Tulungagung, Jawa Timur, mengikuti ujian tengah semester (UTS) berbasis Android yang digelar sekolah setempat.

Metode pelaksanaan ujian yang dilakukan MAN I Tulungagung ini diklaim sebagai yang pertama dengan kualitas setara ujian berbasis komputer. 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Semua siswa sudah memiliki Android. Jadi kami berusaha menyederhanakan saja, supaya lebih simpel,” kata Waka Humas MAN 1 Tulungagung Masrohaini di Tulungagung, Rabu (17/10/2018).

Menurutnya, penggunaan ponsel jenis Android dalam menjawab soal ujian ini mempunyai keuntungan tersendiri bagi pihak sekolah. Selain bisa menghemat pengeluaran untuk membeli kertas, guru juga diuntungkan dengan nilai ujian yang bisa langsung keluar.

Ekspedisi Mudik 2024

Sehingga, para guru tidak perlu untuk melakukan koreksi. “Rencananya ini akan dilakukan di setiap ujian kecuali ujian nasional,” katanya.

Salah satu operator ujian berbasis komputer, Mahmudia Rahman, menyatakan pelaksanaan ujian ini pada dasarnya setara dengan ujian berbasis komputer. Menurut dia, siswa harus masuk ke website yang telah disediakan dan mengakses soal secara daring.

Para siswa juga harus log in terlebih dahulu sebelum mulai menjawab soal. Jika batas waktu habis, secara otomatis mereka akan log out. “Semua seri Android bisa digunakan, minimal ponsel memiliki kapastitas RAM satu giga,” ujarnya.

Mahmudia mengakui sempat terjadi kendala/gangguan dalam pelaksanaan ujian tersebut. Rata rata para siswa tidak bisa log in dan log out secara tiba tiba.

Namun setelah diperbaiki mereka kembali bisa mengerjakan soal menggunakan handphone-nya. “Rata rata ponselnya mengalami gangguan,” katanya.

Beberapa siswa mengaku awalnya sempat kesulitan mengakses soal secara daring di website yang telah ditentukan karena kendala log in – log out.

Terkadang website sulit diakses. Namun setelah dicoba beberapa kali dan dipandu operator, pelaksanaan ujian secara keseluruhan berjalan lancar.

“Terdapat 80 soal pilihan ganda di setiap mata pelajaran yang diujikan. Awalnya terasa sedikit rumit tapi jika sudah terbiasa akan mudah,” kata salah satu siswa, Alea.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya