SOLOPOS.COM - Masjid Sabililah, Mojolegi. Bandungharjo, Toroh, Grobogan. (Istimewa-Polsek Toroh)

Solopos.com, PURWODADI – Seorang laki-laki asal Mlonggo, Jepara, tergoda curi uang kotak amal saat mampir untuk menunaikan salat asar di sebuah masjid di jalan Purwodadi-Solo. Niat itu gagal lantaran warga setempat memergoki aksinya sehingga dirinya bonyok dipukuli massa.

Insiden itu terjadi di Masjid Sailillah, Toroh, Kabupaten Grobogan, Jumat (15/5/2020) sore. Pelaku bernama Ahmad Amin, 38, itu saat ini ditahan di Polsek Toroh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Virus Corona Diduga dari Kelelawar Tapal Kuda China, Dimakan Manusia?

“Uang yang dicuri pelaku dari dalam kotak amal Masjid Sabililah, Dusun Mojolegi, Desa Bandungharjo, Toroh, sebesar Rp644.500,” ungkap Kapolsek Toroh AKP Sucipto ketika dihubungi Semarangpos.com, Jumat (15/5/2020).

Aksi Amin curi uang kotak amal masjid di pinggir jalan Purwodadi-Solo tersebut berawal ketika pelaku melaksanakan salat asar. Saat itu jam menunjukkan pukul 16.30 WIB. Suasana masjid yang cukup sepi ternyata memunculkan niat jahat pelaku.

Wabah Covid-19, Indonesia Tambah Utang dari Bank Dunia US$700 Juta

Setelah memastikan kondisi masjid benar-benar sepi, pelaku kemudian mengambil dua batang lidi yang berada disebelah tumpukan Alquran. Bukan hendak membaca Alquran, Amin menggunakan lidi tersebut sebagai alat mengait uang dalam kota amal.

Pencurian uang dalam kotak amal masjid di dekat Purwodadi itu dilakukan satu persatu diambil pelaku menggunakan lidi. Hingga akhirnya terkumpul uang sebesar Rp597.500 dari dalam kotak berwarna hitam itu.

Laboratorium Kemenkes akan Libur Periksa Sampel Covid-19? #IndonesiaTerserah

Uang tersebut kemudian dimasukan ke bagasi bawah jok sepeda motor Honda Beat bernomor polisi AB 3441 QS milik pelaku. Namun pelaku tidak segera meninggakan lokasi karena dia kembali masuk ke dalam Masjid Sabililah.

Ambil Uang Tercecer

Rupanya bulan Ramadan tak membuat pelaku sadar. Dia justru kembali mengambil sejumlah uang yang masih tercecer di dalam masjid senilai Rp47.000. Justru tindakannya ini membuat pencurian uang kotak amal masjid ini terendus warga di tepi jalan Purwodadi-Solo itu.

Konser Amal Corona BPIP Dikritik Netizen: Indonesia Terserah!!!

Ahmad Amin pun tertangkap karena perbuatannya diketahui pengurus Masjid Sabililah, Harno, 57. Saat itu juga Harno yang curiga langsung memanggil saksi Bambang Yuana, 54.

Bersamaan dengan itu warga sekitar jalan Purwodadi-Solo yang mendengar aksi pencurian uang kotak amal langsung mendatangi masjid. Mereka langsung menangkap, bahkan beberapa di antara mereka sempat memukul pelaku hingga bonyok di bagian pipi.

2 Bulan PSBB, Jokowi Akui Bansos Corona Baru Disalurkan 25%

Kejadian tersebut kemudian segera dilaporkan ke Polsek Toroh sekitar pukul 16.45 WIB. Pelaku selanjutnya dibawa anggota Satreskrim ke Mapolsek Toroh untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

“Barang bukti yang kita amankan satu sepeda motor Honda Beat bernomor polisi AB 3441 QS. Uang sebesar Rp644.500 yang dicuri pelaku dan satu buah kotak amal warna hitam,” pungkas Sucipto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya