SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video petugas Terminal Tirtonadi Solo diduga tengah melakukan pungli. (Tiktok @ingatnafasitu)

Solopos.com, SOLO — Seorang pegawai kontrak di Terminal Tirtonadi Solo berinisial BP diduga melakukan pungutan liar atau pungli saat bertugas. Aksi melanggar aturan itu tertangkap kamera dan diunggah di aplikasi Tiktok @ingatnafasitu.

Unggahan itu langsung viral dan mendapat banyak sekali respons dari warganet. Di video itu terlihat sosok BP yang mengenakan seragam tugas sedang berinteraksi dengan seseorang. BP berbicara sambil memegang berkas-berkas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejurus kemudian ia tampak menerima sesuatu yang diberikan lawan bicaranya di bawah berkas yang dipegangnya. Dilihat dari latar belakang tempat terjadinya insiden itu, diduga BP melakukan aksinya di kawasan Terminal Tirtonadi Solo.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Terminal Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto, saat dihubungi melalui telepon mengaku sudah mengetahui rekaman video pegawai yang diduga melakukan pungli tersebut dan mengambil tindakan sepadan. “Sudah kami assesment, sudah kami klarifikasi,” ujarnya.

Sementara Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengaku malu atas perilaku BP yang tega melakukan pungli saat bertugas. Hal itu diungkapkan orang nomor satu di Kota Bengawan tersebut di Hotel Alila Solo, Rabu sore.

Baca Juga: Terminal Tirtonadi Solo Kini Megah Dan Ramai, Ini Sosok Di Baliknya

“Ya malu, dikiranya kan orang saya. Tapi ndak apa-apa, sudah ada tindakan seperti itu, tindak tegas,” ungkapnya. Gibran juga meminta warga Solo proaktif memfoto atau memvideo bila melihat kejadian serupa.

Ihwal keputusan pemecatan terhadap BP walau pun baru sekali melakukan tindakan itu, Gibran mendukung keputusan tersebut. Menurut Gibran, ketika memang salah ya salah, tidak perlu mencari alasan. “Ora usah kakehan alasan,” ujarnya.

Baca Juga: Potret Lawas Terminal Tirtonadi: Kandang Bus Hidung Panjang & Bumel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya