Malu Soal Plagiarisme, Via Vallen Hapus Video Musik
Maulidia Oktavia alias Via Valen. (Youtube.com)

Solopos.com, JAKARTA — Maulidia Octavia atau lebih dikenal dengan nama Via Vallen, 29, meminta maaf atas skandal video musik yang melibatkan dirinya. Setelah mengaku soal plagiarisme dalam music video yang ia sajikan, ia tak ragu men-take down atau menghapus MV yang bikin heboh hingga Korea Selatan itu.

Via Vallen mengaku sudah banyak diprotes atas music video Dengarkanlah Kasih yang dianggap banyak kalangan mirip dengan MV Above the Time mulik IU, penyanyi Korea Selatan bernama Lee Ji-uen. Via Vallen tampaknya bahkan berkesimpulan adanya plagiarisme dalam pembuatannya.

Karena itulah, Via Vallen melalui Instagram Stories-nya menyatakan permintaan maaf. Pernyataan itu ia sampaikan setelah mengetahui secara pasti MV Dengarkanlah Kasih sangat mirip dengan MV Above the Time.

4 Film Romantis Jepang Ini Bisa Bikin Kamu Nostalgia

Via mengaku tidak mengetahui soal MV yang mirip dengan MV IU karena bukan penggemar K-Pop secara umum. "Kalau saya tahu MV saya mirip plek ketiplek dengan punya orang lain, tentu saya akan minta ganti konsep," tulisnya.

Via Vallen tak menutup-nutupi kenyataan bahwa skandal plagiarisme itu membuatnya sangat malu. "Jujur aku malu banget dan aku akan minta videonya buat di-takedown," tambahnya.

Tak Akan Terulang

Dia juga mengatakan ini menjadi pembelajaran bagi dirinya. Ia memastikan pada masa depannya kasus serupa tak akan terulang.

Naruto Sekarat, Pembaca Sedih, Ini Sebabnya...

Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) yang mengecek channel Youtube Via Vallen memastikan MV terkait plagiarisme itu sudah dihapus. Alhasil pengakses Youtube tidak bisa lagi menonton video tersebut.

Sebelumnya, penggemar IU menyatakan protes untuk MV Via Vallen yang keseluruhan videonya mirip dengan video klip IU. Aksi protes dilontarkan di Twitter dan media sosial lainnya.

Bahkan, akibat protes Uaena, sebutan bagi para fans UI di dunia, media massa di Korea Selatan turut reaksi fans IU itu dan menyoroti kasus plagiarisme itu.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom