SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Maling gagal membobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di toko swalayan Indomaret di Jl. Salak Kota Madiun, Jawa Timur, Senin (28/1/2019). Namun sebelum kabur pencuri menggondol sejumlah barang yang dipajang di minimarket tersebut.

Kasus itu kini ditangani petugas Kepolisian Resor (Polres) Madiun Kota. Kepala Satuan Reskrim Polres Madiun Kota AKP Suharyono mengatakan pelaku membobol toko dengan cara mengelas gembok pintu utama toko hingga mereka bisa masuk dengan leluasa.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Setelah masuk toko, mereka merusak ATM yang ada dalam. Namun pelaku tidak dapat membobol brankas,” ujar AKP Suharyono kepada wartawan, Senin.

Dia menjelaskan untuk menghilangkan jejak, pelaku terlebih dulu memblok kamera pengawas atau CCTV dengan cat pilok hitam. Dari sembilan kamera CCTV yang terpasang di toko, kata Kasatreskrim, tiga unit di antaranya diblok atau dipilok warna hitam oleh pelaku.

“Sehingga rekaman video atau gambarnya tidak kelihatan dan hanya gelap. Sasaran utamanya adalah membobol ATM,” kata dia.

Karena gagal mengambil uang di ATM, pelaku akhirnya menggasak sejumlah barang toko. Adapun barang yang paling banyak dicuri adalah rokok yang telah dipasang di dekat meja kasir dan yang ada di gudang.

“Kasus ini masih kami selidiki lebih lanjut dengan memintai keterangan dari sejumlah saksi. Selain itu, petugas juga melakukan olah TKP,” kata Suharyono.

Aksi pencurian dengan perusakan tersebut awal mulanya diketahui oleh pegawai toko setempat Fauzan, saat hendak membuka toko, Senin pagi. Kala itu, dia mendapati pintu utama toko telah rusak akibat dilas oleh pelaku. Selain itu, kondisi dalam toko juga berantakan.

“Sampai sini, tahu-tahu pintunya sudah buka dan bekas las-lasan. Server-nya (CCTV) tidak ada yang rusak. Brankas aman dan uang tidak ada yang diambil. Hanya rokok saja. Tapi totalnya berapa kurang tahu,” kata Fauzan.

Menurut Fauzan, saat melakukan aksinya, pelaku menggunakan helm dan penutup wajah sehingga sulit dikenali. Hal itu terlihat dari kamera CCTV yang terpasang di luar toko. Diperkirakan, aksi pencurian terjadi antara pukul 02.00 WIB hingga 02.30 WIB.

Kepolisian setempat masih mengembangkan kasus tersebut lebih lanjut. Guna melancarkan proses penyelidikan, petugas memasang garis polisi di lokasi setempat. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya