SOLOPOS.COM - Tomy Sugiarto memberi selamat kepada Lee Chong Wei yang baru saja mengalahkannya dalam Malaysia Open. JIBI/badmintonindonesia.org

Solopos.com, KUALALUMPUR — Tommy Sugiarto kembali gagal untuk bisa menaklukkan Lee Chong Wei, pebulutangkis nomor satu dunia asal Malaysia. Pada pertemuan kesembilan di babak final turnamen Malaysia Open Super Series Premier 2014, Tommy kembali dikalahkan dengan skor 19-21, 9-21.

Chong Wei kian menambah keunggulan rekor pertemuannya dengan Tommy menjadi 9-0. Selain itu, dengan kekalahan Tommy tersebut, Indonesia pun pulang tanpa gelar juara.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Di atas kertas, Chong Wei memang lebih dijagokan untuk memenangkan pertandingan. Secara pengalaman, peraih medali perak Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012 ini, juga lebih unggul dari Tommy.

“Di babak final ini, saya sudah berusaha untuk mengamankan game pertama, supaya saya bisa lebih percaya diri di game kedua,” kata Tommy usai pertandingan seperti dilansir situs resmi PBSI, badmintonindonesia.org.

“Awal game kedua pun saya masih bisa menahan Chong Wei. Namun saat dia bisa membalikkan keadaan, saya jadi nervous dan kehilangan konsentrasi, sementara Chong Wei lebih rileks,” tambah Juara Singapore Open Super Series 2013 ini.

Tommy mengawali game pertama dengan baik. Serobotan dan serangan-serangan Chong Wei yang memang terkenal berbahaya, mampu dikembalikan dengan baik. Tommy bahkan memimpin perolehan skor hingga 8-4. Pada interval game pertama, Tommy juga memimpin 11-9 saat satu smashnya salah diantisipasi Chong Wei.

Sayangnya ketika berhasil menyamakan kedudukan 19-19, Chong Wei terus menghujankan smash tajam yang sulit dijangkau Tommy.

Dari game kedua, Chong Wei betul-betul menguasai Tommy. Tertinggal 2-4, Chong Wei balik membuat Tommy tak berkutik dan meraih 10 poin berturut-turut dan mengunci perolehan skor Tommy dengan kedudukan 14-4.

Hampir semua bola-bola yang diarahkan Tommy, mampu dikembalikan dengan baik oleh Chong Wei. Sebaliknya, Tommy kesulitan menghadapi serangan-serangan yang dihujankan Chong Wei ke area pertahanannya.

“Sulit sekali mau menambah poin di game kedua. Saya tidak bisa mengatasi serangan-serangan Chong Wei dan sepertinya dia bisa membaca permainan saya, tidak seperti game pertama,” tambah Tommy.

Dengan kemenangan ini, Chong Wei mencetak sejarah baru sebagai pemain tunggal putra yang berhasil menjuarai ajang Malaysia Open sebanyak sepuluh kali.

Hasil lengkap babak final Malaysia Open Super Series Premier 2014:

Tunggal Putra
Lee Chong Wei (1/MAS) vs Tommy Sugiarto (4/INA) 21-19, 21-9

Tunggal Putri
Li Xuerui (1/CHN) vs Wang Shixian (2/CHN) 21-16, 21-17

Ganda Putra
Lim Khim Wah/Goh V Shem (MAS) vs Chai Biao/Hong Wei (CHN) 21-19, 21-18

Ganda Putri
Bao Yixin/Tang Jinhua (5/CHN) vs Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (3/JPN) 21-19, 14-21, 21-13

Ganda Campuran
Xu Chen/Ma Jin (4/CHN) vs Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (3/DEN) 21-11, 17-21, 21-13

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya