SOLOPOS.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. (Antara/Puspa Perwitasari)

Solopos.com, SOLO - Mewabahnya virus corona membuat kompetisi sepak bola di Malaysia bakal disetop. Sejauh ini, Malaysia Premier League memberlakukan pertandingan tanpa penonton.

Malaysia memang menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang terpapar virus corona. Sejauh ini, sudah ada 129 kasus virus corona di negara tersebut. Otoritas setempat pun membuat sejumlah kebijakan termasuk untuk event-event olahraga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pengawasan Corona di Klaten: 11 Warga Lulus, 1 Orang Masih Diisolasi

Salah satunya adalah laga di kompetisi sepak bola Malaysia digelar tanpa penonton dan tertutup. Kebijakan itu bisa berkembang menjadi pengehentian liga. Maklum, virus corona kian berkembang belakangan ini.

"Presiden FAM & MFL, Datuk Haji Hamidin Haji Mohd Amin mengumumkan bahawa pertandingan Liga Super, Liga Premier, M3, M4, Piala Belia & MPFL 2020 pada Jumat, Sabtu & Minggu ini akan berlangsung tanpa penonton," tulis pernyataan Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) di akun Twitter seperti dilansir detik.com, Jumat (13/3/2020).

"Mulai Senin, 16 Maret 2020, semua pertandingan di bawah naungan FAM dan MFL, termasuk turnamen Piala FA dan Piala Presiden 2020 ditangguhkan hingga batas waktu yang belum ditentukan."

Wartawan Solopos.com Raih Juara II Anugerah Pewarta Astra 2019

Legenda sepak bola Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, yang kini menjadi Pelatih Sabah FA, membenarkan kabar tersebut. Sejauh ini dia mengetahui liga digelar tanpa penonton, sementara untuk penyetopan kompetisi sepak bola dia tidak tahu.

"Kabarnya Sabtu, besok, masih main tanpa penonton. Habis itu setop dulu. Tapi masih tunggu konfirmasi dari MFL [Malaysia Footbaal League, operator liga]. Mungkin MFL sudah bersurat ke klub. Kami baru latihan sore ini, mungkin diumumkan ketika di lapangan nanti," kata Kurniawan.

Baru Akan Diputuskan

Lantas bagaimana dengan kompetisi sepak bola di Indonesia? Sejauh ini belum ada keputusan resmi baik dari PSSI maupun PT LIB selaku operator liga. Apalagi, kompetisi tertinggi sepak bola di Indonesia, Liga 1, baru dimulai. Sedangkan Liga 2 akan dimulai akhir pekan ini.

Salat Jumat, Menag Imbau Masjid Gulung Karpet Tangkal Corona

Namun, sudah ada beberapa keputusan terkait mewabahnya virus corona di Indonesia. Seperti pertandingan Persija Jakarta melawan Persebaya Surabaya yang harus ditunda. Menpora Zainudin Amali sendiri akan menggelar rapat dadakan untuk antisipasi virus corona.

"Saya mengundang seluruh stakeholder olahraga guna menyikapi semakin seriusnya penyebaran virus Corona di tanah air berkaitan dengan kegiatan keolahragaan," kata Zainudin pada Jumat (13/3/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya