SOLOPOS.COM - Ilustrasi penembakan pesawat MH17 (dailymail.co.uk)

Solopos.com, MOSKOW — Pemerintah Rusia melalui kementerian luar negeri, Sabtu (19/7/2014), meminta pemerintah Ukraina dan pemberontak untuk memberikan akses ahli internasional ke lokasi kecelakaan pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh di Donetsk, Ukraina timur, Kamis (17/7/2014).

“Pihak Rusia mengimbau kedua pihak konflik Ukraina, mendesak mereka untuk melakukan segala kemungkinan untuk mengaktifkan akses bagi para ahli internasional ke daerah kecelakaan pesawat, dalam rangka mengambil tindakan yang diperlukan untuk penyelidikan,” sebut Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan resmi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada hari yang sama, Rusia melancarkan kecaman keras terhadap Washington setelah Presiden AS Barack Obama mengatakan indikasi keterlibatan rudal dari wilayah pemberontak dalam tragedi itu. Obama menyebut sebuah rudal yang ditembakkan dari wilayah pemberontak pro-Rusia menyebabkan jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 yang tengah melintasi Ukraina itu.

Dalam komentarnya terkait tragedi yang menewaskan 298 orang itu, Obama mengatakan sudah ada bukti kuat tentang hal itu. “Bukti-bukti mengindikasikan bahwa pesawat ditembak jatuh oleh sebuah rudal darat-ke-udara yang diluncurkan dari wilayah yang dikuasai pemberontak pro-Rusia di dalam wilayah Ukraina,” kata Barack Obama, Jumat (18/7/2014).

Pada Sabtu, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov, mengatakan pemerintah AS ingin menyalahkan kelompok separatis dan Rusia tanpa menunggu hasil penyelidikan.

“Pernyataan-pernyataan dari perwakilan pemerintah AS merupakan bukti penyimpangan politik persepsi Washington atas apa yang terjadi di Ukraina,” kata Sergei Ryabkov kepada kantor berita Rusia seperti dikutip Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya