SOLOPOS.COM - Nyamuk Anopheles penyebab Malaria (JIBI/Harian Jogja/ilustrasi)

Malaria Kulonprogo dicegah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan.

Harianjogja.com, KULONPROGO — Pencegahan kemunculan penyakit malaria dilakukan dengan beragam cara di  Kebonharjo, Samigaluh. Pemeriksaan darah untuk tamu dari luar daerah juga dilakukan untuk memastikan tidak ada yang membawa atau terbawa penyakit malaria.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Rohmad Ahmadi, Kepala Desa Kebonharjo mengatakan kasus malaria sebenarnya sempat tehenti di desanya selama beberapa tahun. Namun, pada awal 2016 muncul 22 kasus malaria sekaligus. Ada indikasi, warga yang terkena malaria tertular oleh warga daerah lainnya karena lokasi desa yang berada di daerah perbatasan dengan Jawa Tengah.

Karena itu, kini perangkat desa menerapkan berbagai kegiatan preventif antara lain foging, bantuan kelambu bagi warga, serta pembekalan warga oleh tim kesehatan.

“Tamu dari luar daerah atau masuk juga kita cek darahnya, kan tidak enak jika ternyata membawa malaria dari sini begitupun sebaliknya,”ujarnya pada Harianjogja.com, Minggu(5/3/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya