Kategori: Bantul

Malam Tahun Baru, Seperti Ini Persiapan Rekayasa Lalu Lintas di Bantul


Solopos.com/Rheisnayu Cyntara/JIBI/Harian Jogja

Pada masa libur panjang natal dan tahun baru ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul telah memetakan titik rawan kemacetan

 
Solopos.com, BANTUL—Pada masa libur panjang natal dan tahun baru ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul telah memetakan titik rawan kemacetan di wilayahnya. Beberapa langkah antisipasi juga telah disiapkan untuk menangani hal tersebut.

Kepala Dishub Bantul, Aris Suharyanto mengatakan telah berkoordinasi dengan pihak Polres Bantul dan jajaran Forkominda untuk pengamanan saat libur natal dan tahun baru, khususnya pada malam pergantian tahun.

Dari hasil koordinasi tersebut telah dipetakan enam titik rawan macet dan lima titik rawan kecelakaan yang jadi perhatian khusus Dishub. Oleh sebab itu, Aris menyebut telah mempersiapkan beberapa langkah untuk mengantisipasinya.

Di antaranya melengkapi rambu-rambu dan memastikan telah berfungsi dengan baik dan menyiagakan personel gabungan pada titik-titik rawan tersebut. “Total ada 120 personel yang akan kami siagakan,” katanya.

Sementara untuk kawasan Mangunan-Dlingo yang juga jadi perhatian Dinas Pariwisata DIY, Aris mengaku telah menyiapkan skema buka tutup jalur. Nantinya akan ada personel yang berjaga di atas atau wilayah Mangunan dan bawah atau wilayah Imogiri.

Jika lalu lintas di Mangunan padat, maka petugas akan berkoordinasi dengan personel yang berada di Imogiri untuk menahan kendaraan wisatawan agar tidak naik dahulu sampai kemacetan terurai. Setelah lalu lintas lancar kembali, kendaraan wisatawan dari arah Imogiri baru diperbolehkan naik ke Mangunan.

Berdasarkan pantauan Harian Jogja di lapangan, jalur wisata Imogiri-Mangunan cukup padat didominasi oleh kendaraan roda empat dari luar kota. Kendaraan harus berhati-hati dan berjalan pelan terutama di jalur yang menanjak.

Pasalnya jarak antara kendaraan satu dan lainnya berdekatan. Namun demikian tidak terjadi penumpukan kendaraan yang berarti di perempatan Jalan Imogiri Timur.

Aris menambahkan pihaknya juga telah menyiapkan skenario pengalihan arus lalu lintas di Jalan Parangtritis. Menurutnya guna menghindari kemacetan di persimpangan Tembi, Manding dan Bakulan seluruh wisatawan dihimbau tidak mengambil jalur Jalan Parangtritis.

Wisatawan dari arah barat disarankan untuk masuk melalui perempatan Dongkelan ke selatan, arah Jalan Bantul – simpang empat Klodran ke timur sampai Ring Road Bantul Timur dan masuk lewat perempatan Bakulan. Sedangkan dari arah timur bisa melewati perempatan Wojo – perempatan Barongan dan masuk melalui perempatan Bakulan.

Share
Dipublikasikan oleh
Nina Atmasari