SOLOPOS.COM - Pesta kembang api (Dok/JIBI/Solopos)

Malam tahun baru di Kulonprogo dipusatkan di tiga titik

Harianjogja.com, KULONPROGO- Jelang malam pergantian tahun, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kulonprogo telah merancang acara di tiga titik yakno Alun-Alun Wates, Pantai Glagah, dan Jembatan Duwet Kalibawang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini Jembatan Duwet dijadikan pusat keramaian perayaan tahun baru pula. “Sekarang sudah ramai pengunjungan di Dawet jadi dimanfaatkan saja,” ujar Krisutanta, Kepala Disbudparpora Kulonprogo di kantornya pada Rabu (30/12/2015). Saat ini Jembatan Duwet yang merupakan salahs atu cagar budaya tersebut sudah selesai direhabilitasi secara fisik.

Selain ketiga titik tersebut, Krrisutanta menyatakan jika pihaknya juga mengetahui aka nada acara perayaan tahun baru yang dilaksanakan di Congot namun untuk di daerah tersebut kegiatannya diselenggarakan oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat.

“Sampai saat ini belum ada kabar dari masyarakat tentang acara yang mereka buat kecuali di Congot,” ujarnya.

Untuk perayaan tahun baru di Jembatan Duwet akan diisi dengan pelantikan Dewan Kebudayaan, pelantikan Forkom Pokdarwis Se-Kulonprogo, dan pentas wayang kulit sepanjang malam. Acara tersebut rencana akan dimulai pukul 20.00 WIB hingga selesai. “Khusus di sini tidak ada pesta kembang api, kembang apinya di alun-alun dan Glagah. Sini cukup wayangan saja,” ujar Krissutanta.

Ia juga menyebutkan jika sebelumnya wacana wayangan tersebut rencananya akan digelar di Kantor Disbudparpora, Jl. Sugiman, Wates. Namun, agenda wayangan kemudian dipindah ke Duwet karena pertimbangan kantor tersebut yang terlalu dekat dengan alun-alun yang juga merupakan pusat keramaian.

Untuk Pantai Glagah sendiri akan diisi acara musik dengan band yang memainkan musik Koes Plus, pentas seni, dan pesta kembang api.  Sedangkan di Alun-Alun Wates akan dimeriahkan oleh parade band, kesenian angguk, dan juga pesta kembang api sebagai puncak acara.

Kedua tempat ini akan mulai menyelenggarakan acara sejak sore hari hingga tepat malam pergantian tahun.” Bupati akan berkeliling di tiga lokasi dan nanti di puncak tahun baru akan ada di Alun-alun Wates,” kata Krissutanta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya