Kategori: Jateng

Malam Tahun Baru, Kota Semarang Diprediksi Hujan Lebat


Solopos.com/Imam Yuda Saputra

Solopos.com, SEMARANG — Hujan dengan intensitas tinggi disertai kilat dan angin kencang diprediksi akan melanda Kota Semarang, ibu kota Jawa Tengah, Kamis (31/12/2020). Saat malam pergantian tahun atau malam Tahun Baru 2021 itu, Kota Semarang diprediksi dilanda hujan lebat.

Prediksi itu diungkapkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang, Selasa (29/12/2020). BMKG Ahmad Yani Semarang memperkirakan selama tiga hari ke depan, mulai 30 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021 cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Jateng.

“Berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer menunjukkan masih ada shear line [belokan angin] dan konvergensi akibat sirkulasi siklonik di Laut China Selatan dan barat laut Benua Australia. Hal ini berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Jateng,” ujar Kepala BMKG Ahmad Yani, Achadi Subarkah Raharjo, Selasa.

Maling Kembalikan Celana Dalam dengan Bekas Sperma

Selain menyebabkan pembentukan awan hujan, Achadi menyebut kondisi cuaca itu juga berpotensi membuat masa udara yang labil dan kelembaban udara yang cukup tinggi dari lapisan atas hingga bawah.

“Berdasarkan kondisi itu, BMKG Ahmad Yani Semarang memperkirakan dalam periode tiga hari kedepan [30 Desember-1 Januari] potensi cuaca ekstrem dan curah hujan lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang terjadi di beberapa wilayah Jateng,” tegas Achadi.

Sebaran Cuaca Ekstrem

Pada Rabu (30/12/2020), cuaca eksterm dan curah hujan tinggi diprediksi terjadi di Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Semarang, Salatiga, Boyolali, Sukoharjo, Sragen, Karanganyar, Solo, Demak, Jepara, Kudus, Purwodadi, Blora, Cepu, dan Karimunjawa.

Tanaman Hias Kata Fengsui Tentukan Keberuntungan

Sementara pada Kamis (31/12/2020) atau saat malam tahun baru, cuaca ekstrem diprediksi terjadi di wilayah Brebes, Cilacap, Tegal, Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, Boyolali, Sragen, Purwodadi, dan Blora.

Sedangkan pada Jumat (1/1/2021), cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang akan melanda Brebes, Cilacap Tegal, Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, Boyolali, Sragen, Purwodadi, dan Blora.

“Masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti putting beliung, hujan lebat disertai petir, maupun hujan es. Selain itu, masyarakat juga diimbau waspada terhadap dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” imbuhnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Share
Dipublikasikan oleh
Rahmat Wibisono