SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA–Tahun baru segera tiba. Senin (31/12/2012) malam sejumlah hotel dan penyedia jasa hiburan sudah menyiapkan program unggulan sebagai daya tarik bagi tamu.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Pengelola hotel memutuskan membuat paket hiburan, antara lain dengan menghadirkan artis nasional demi menghibur tamu. Vice President Sahid Group Wiryanti Sukamdani mengatakan Hotel Sahid Jaya sudah mempersiapkan program khusus untuk menyambut tahun baru.

“Ada acara tahun baru dipusatkan di Solo Lounge, juga ada di Puri Agung, Puri Ratna dan semua restouran di Grand Sahid Jaya,” ujarnya kepada JIBI/Bisnis, Minggu (30/12).

Ekspedisi Mudik 2024

Dia mengatakan, manajemen hotel selalu berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan tamu sebagai nilai tambah. Hotel Aston Marina Jakarta memilih menghadirkan tiga diva papan atas Indonesia, yakni Vina Panduwinata, Krisdayanti, dan Dira Sugandi, dalam rangka memperingati malam pergantian tahun.

Marketing Communications Manager Hotel Aston Marina Jakarta Gita Ayu Ashari mengatakan ketiga diva tersebut akan tampil berkolaborasi membawakan lagu-lagu unggulan mereka.

Selain itu, acara itu akan dipandu oleh artis Irgi Fahrezi dan Meisya Siregar serta turut dimeriahkan oleh sejumlah artis lainnya, antara lain Kevin Leonardho, Gandhi, d’Friends Band, dan DND Plus Dancer.

Dalam menyambut Tahun Baru, ujarnya, hotel yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara itu menghadirkan pesta bertema Aquaphoria. Vivi Herlambang, Corporate Promotion Hotel Santika Indonesia, mengatakan okupansi di Santika Bali, Bandung, dan Yogyakarta telah mencapai 100% sejak menjelang Natal. Sedangkan okupansi di sejumlah kota lainnya mencapai sekitar 80%.

Santika telah menambah sebanyak 12 hotel baru pada 2012 di seluruh Indonesia. Saat ini Santika mengelola 52 hotel di seluruh Tanah Air dengan jumlah kamar sebanyak 40.000 kamar.

“Hotel kami di Bumi Serpong Damai, Makasar, Taman Mini Indonesia Indah dan kota-kota lainnya masih tersedia kamar. Namun, untuk paket makan malam perayaan Tahun Baru sudah habis terjual,” ujarnya.

Hotel Santika, lanjutnya, menyediakan paket hiburan berupa program makan malam dan hiburan musik saat momentum tahun baru.

Chrisna Rianti, Public Relation & E-Commerce Communication Manager Ibis Network, mengatakan jaringan hotelnya juga memilih menyediakan paket kamar dan makan malam untuk perayaan tahun baru.

“Sejumlah Ibis Hotel, antara lain di Jakarta memilih menyediakan program makan malam untuk tahun baru,” katanya.

Di Jakarta, terdapat tujuh unit Ibis Hotel dengan okupansi rata-rata hampir penuh. Menurutnya, permintaan kamar saat pergantian tahun cukup tinggi setiap tahunnya.

Secara nasional, terdapat 19 unit Ibis Hotel secara nasional dengan manajemen Accor. Okupansi rata-rata Hotel Ibis saat ini berkisar antara 80%–85%.

Sementara itu, persiapan tahun baru di sejumlah destinasi wisata pun terhitung sudah matang. Pulau Tidung, di kawasan Pulau Seribu, Jakarta misalnya menjadi salah satu destinasi incaran wisatawan untuk libur akhir tahun.

Berdasarkan pemantauan Bisnis, sekitar ratusan pengunjung mulai memadati dermaga penyeberangan. Selain wisatawan nusantara, tampak juga beberapa wisman sejak sejak Sabtu (29/12) pagi.

Petugas Dinas Peruhubungan DKI Jakarta Mursidi mengungkapkan pada tahun sebelumnya tercatat 15.000 orang pengunjung. “Saat kondisi normal, hanya sekitar 800-an orang. Saat musim liburan lebih dari 3.000 orang. Kalau malam tahun baru, sudah seperti pasar, padat sekali,” tuturnya.

Karena banyaknya jumlah pengunjung, Mursidi mengakui kapal ojek (kapal nelayan) dibolehkan beroperasi untuk mengangkut penumpang.

Adapun jumlah kapal penumpang yang dioperasikan saat ini terdiri dari dua kapal lumba-lumba dengan kapasitas 100 orang, dan enam kapal kerapu berkapasitas 25 orang. Satu kapal berkapasitas 200 orang kemungkinan baru diluncurkan tahun depan.

Malam tahun baru di pulau yang bentuknya memanjang tersebut direncakan akan dimeriahkan oleh pertunjukan 1.000 kembang api, konser musik, tarian tradisional, atraksi pencak silat, dan lampion.

Kepala Pos Pengamanan Pulau Tidung J. Siregar menyebutkan saat ini ada sekitar 30 petugas yang bersiaga dan merupakan gabungan dari polisi, satpol pp, dan petugas dari dinas peruhubungan. Pos pengamanan terpadu itu sudah mulai dikerahkan sejak 23 Desember 2012 hingga 1 Januari 2013.

“Besok (31/12) jumlah petugas akan ditambah. Totalnya bisa mencapai sekitar 50 orang. Kami imbau masyarakat tetap menjaga ketertiban agar tahun baru tetap berlangsung aman,” katanya.

Tak mau ketinggalan dengan pengelola hotel, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menggelar pesta rakyat di jalan protokol pusat kota Jakarta untuk merayakan pergantian tahun.



Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sudah menyatakan akan menggelar program car free night di Jl Sudirman hingga Jl MH Thamrin.

Pantauan JIBI/Bisnis di lapangan persiapan untuk peringatan malam tahun baru yang bertajuk “Jakarta Night Festival” sudah mulai tampak. Sebanyak 16 panggung hiburan sudah mulai dibangun di sepanjang rute car free night.

Gubernur Jokowi tidak hanya akan menggelar pertunjukan musik di 16 panggung itu. Pemprov telah mempersiapkan karnaval dan pesta kembang api yang terpusat di Bundaran Hotel Indonesia.

Di antara kegiatan tersebut akan diisi juga hiburan yang diramaikan oleh anak-anak SMU di Jakarta. Di samping itu seni pertunjukan yang kemungkinan meramaikan acara tersebut, di antaranya, gambang kromong dan keroncong Betawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya