SOLOPOS.COM - Ilustrasi hari libur nasional. (detik.com)

Solopos.com, SOLO — Jatuh pada tanggal berapa malam Nisfu Syaban 2022 dan apa amalan yang dilakukan pada hari tersebut?

Sebagaimana diketahui, menjelang bulan Ramadan, umat muslim dihadapkan dengan hari Nisfu Syaban yang jatuh pada pertengahan di bulan Syaban.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Bulan Syaban sendiri merupakan bulan kedelapan pada kalender Hijriah, sesudah Rajab. Pada bulan ini, umat muslim tengah bersiap-siap untuk menyambut datangnya bulan penuh rahmat, Ramadan.

Baca Juga:  Kenapa Universitas Sebelas Maret Solo Disingkat UNS?

Lalu, kira-kira tanggal berapa malam Nisfu Syaban 2022 dan apa amalan di hari tersebut?

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com dari situs resmi Nahdlatul Ulama (NU Online), hilal awal Syaban berhasil terlihat pada Kamis (3/3/2022) petang. Hal ini berarti 1 Syaban 1443 H bertepatan dngan Jumat Wage, 4 Maret 2022.

Baca Juga:  Kamu Bisa Dapat Mobil Daihatsu Rocky Seharga Rp120.000, Kok Bisa?

Dari hilal tersebut, pertengahan bulan Syaban jatuh pada tanggal 18 Maret 2022 dan untuk malam Nisfu Syaban terjadi pada Kamis, 17 Maret 2022.

Setelah mengetahui tanggal berapa malam Nisfu Syaban 2022, umat muslim juga disarankan untuk melakukan beberapa ibadah sunah, seperti memperbanyak doa, membaca kalimat syahadat, dan beristigfar.

Baca Juga: Warna Baru NMAX 155 2022 Bikin Kamu Makin Kece dan Pede

Pasalnya, pada malam ini, catatan amal manusia diangkat dan dilaporkan kepada Allah SWT. Sebagiaman hadis Rasulullah ketika menjawab pertanyaan Usamah bin Zaid, yang artinya sebagai berikut.

“Wahai Rasul, aku tidak melihatmu berpuasa pada suatu bulan, seperti pada bulan Syaban. Itu bulan yang dilalaikan manusia antara bulan Rajab dengan bulan Ramadan. Aku ingin amalku tidak diangkat kecuali aku sedang berpuasa.” (HR Nasa’i dan Ahmad).

Baca Juga: Masjid Ini Dipercaya Tertua di Karanganyar, Ada Setelah Era Majapahit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya