Malam-Malam Kapolres dan Dandim Klaten Antarkan Bantuan ke Rumah Warga Terdampak Pandemi

Kapolres dan Dandim berangkat bersama dengan diiringi sejumlah anggota dari Mapolres Klaten menyusuri jalan di kawasan perkotaan.

 Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu dan Dandim 0723/Klaten, Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo  memberikan bantuan kepada warga Klaten Tengah, Jumat (23/7/2021) malam. (Solopos-Ponco Suseno)

SOLOPOS.COM - Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu dan Dandim 0723/Klaten, Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo memberikan bantuan kepada warga Klaten Tengah, Jumat (23/7/2021) malam. (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu, dan Dandim 0723/Klaten, Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo, memberikan bantuan berupa 100 paket beras ke warga terdampak pandemi Covid-19, Jumat (23/7/2021) malam.

Bantuan beras yang menyasar ke kaum marginal dan dilakukan secara door to door itu dinilai menjadi wujud nyata negara hadir membantu meringankan beban warga di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Kapolres dan Dandim berangkat bersama dengan diiringi sejumlah anggota dari Mapolres Klaten. Keduanya menyusuri jalan di kawasan perkotaan yang sudah lengang karena penutupan di beberapa ruas jalan sejak pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Kurang dari Sebulan, 1.337 Jenazah di Klaten Dimakamkan Sesuai Protokol Covid-19

Di ruas jalan di kawasan perkotaan, AKBP Edy Suranta Sitepu dan Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo menghentikan laju kendaraannya saat melihat warga terdampak pandemi Covid-19.

Di antara warga itu, seperti seorang tambal ban, bakul angkringan yang sedang mengemasi barang dagangannya, dan para tukang ojek online (ojol). Di sisi lain, kapolres Klaten dan Dandim Klaten juga door to door mendatangi rumah warga di kawasan kota.

Kapolres meminta ke warga yang ditemui untuk bersabar karena di Klaten sedang menjalani PPKM Level 4. Penerapan PPKM Level 4 ditujukan mencegah persebaran virus corona.

Baca juga: Partai Demokrat Sragen Buka Hik Gratis Untuk Warga, Ini Lokasinya

Tak lupa, Kapolres dan Dandim Klaten selalu mengingatkan ke warga yang ditemui untuk selalu menaati protokol kesehatan. Hal itu, seperti memakai masker, menjaga jarak, rutin mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Negara Hadir di Masyarakat

Di kesempatan akhir, Kapolres dan Dandim di Klaten menyerahkan bantuan berupa paket beras ke warga yang ditemuinya. Selain ingin meringankan beban warga, bantuan tersebut juga sebagai bentuk Negara hadir di tengah masyarakat di tengah PPKM Level 4 di Kabupaten Bersinar.

“Bantuan sosial (bansos) kali ini juga menyasar ke slum area. Ada juga pedagang kaki lima (PKL), Ojol, rumah warga. Mereka semua terdampak pandemi Covid-19. Kami ingin membantu warga dan ini negara hadir di tengah masyarakat,” kata Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu, saat ditemui wartawan di Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jumat malam.

Baca juga: Klaten Kirim 50 Pasien Positif Covid-19 ke Asrama Haji Donohudan

Senada, Dandim 0723/Klatenmenjelaskan pemberian bantuan ke masyarakat terdampak pandemi Covid-19 juga dioptimalkan mengedukasi masyarakat agar selalu disiplin menaati protokol kesehatan.

“Di sini, TNI-Polri sama-sama membagikan bantuan sosial. Kami juga mengedukasi masyarakat tentang PPKM Level 4. Kami ingatkan agar selalu menaati protokol kesehatan,” katanya.

Salah seorang penerima bantuan asal Kecamatan Klaten Tengah, yakni Salmon Samuel, 26, mengaku senang memperoleh bantuan paket beras. Dirinya tak menyangka didatangi kapolres dan dandim di malam hari.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini pendapatan saya memang menurun. Saat ini, saya berjualan kosmetik. Dengan adanya bantuan ini, sangat membantu bagi saya,” katanya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Rektor ISI Surakarta Mewisuda 278 Mahasiswa pada Gelombang II 2021

Rektor ISI Surakarta, I Nyoman Sukerna, mewisuda 278 orang mahasiswa lulusan program sarjana, magister, dan doktor pada Jumat (15/10/2021).

Minibus Angkut 8 Penumpang Asal Demak Ngglondor di Matesih

Tak kuat menanjak di jalur menuju Candi Sukuh, minibus yang mengangkut rombongan dari Demak ngglondor dan terguling.

Kisah Beras Delanggu yang Kini Tinggal Nama

Beras Delanggu kini tinggal nama brand. Tidak ada petani di Delanggu, Klaten, yang menanam beras raja lele yang dikenal pulen dan enak.

Sayangkan Komentar Rudy Soal Celeng, Dencis: Seharusnya Menyejukkan

Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng), Denny Nurcahyanto, menilai pernyataan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, memperkerus suasana.

Kata Dencis Soal Sanksi Kader yang Dukung Ganjar Pranowo

Wakil Ketua DPD PDIP Jateng, Denny Nurcahyanto, menyebut pihaknya tak berhak memberikan sanksi bagi kader yang melanggar instruksi partai.

Rem Blong, Mobil 5 Penumpang Nyungsep ke Parit di Tawangmangu

Mobil Honda Mobilio hilang kendali dan nyungsep di parit setelah diduga mengalami rem blong di Tawangmangu. Beruntung, tidak ada korban jiwa.

Dilantik, Asproksi Jateng Komitmen Pasarkan Produk Kesehatan Lokal

Pengurus Asosiasi Produk Kesehatan Indonesia Standar Internasional (Asproksi) Jateng dilantik. Mereka berkomitmen untuk mendukung pemasaran produk kesehatan lokal.

Hari Pangan Sedunia, Perpadi Bagikan Beras Gratis ke Warga Delanggu

DPC Perpadi Klaten membagikan 800 paket beras secara gratis kepada warga terdampak pandemi Covid-19 di Kecamatan Delanggu, Sabtu (16/10/2021) sebagai rangkaian memperingati Hari Pangan Sedunia.

3 Desa di Sukoharjo Gelar Pilkades Antarwaktu, Ini Tahapannya

Ketiga desa yang melaksanakan pilkades antarwaktu yakni Desa Gedangan di Kecamatan Grogol, Desa Trosemi di Gatak, dan Desa Puhgogor di Bendosari.

Geger, Pengunjung Meninggal Saat Belanja di Pasar Jungke Karanganyar

Seorang warga Tasikmadu, Karanganyar, meninggal mendadak saat berbelanja di Pasar Jungke. Korban sempat terjatuh sebelum meninggal dunia.

Sabar Dulu, Pengumuman Hasil Ujian SKD CPNS Sukoharjo Tunggu Ini

Ujian SKD CPNS Sukoharjo sudah selesai dilaksanakan, namun terkait jadwal pengumuman masih menunggu informasi lebih lanjut dari panitia pusat.

Siap-siap! Ada Pemadaman Listrik di Boyolali Hari Ini (16/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Boyolali hari ini, Sabtu (16/10/2021) yang berlangsung selama lima jam. Ini daerah yang terdampak.

Aturan Baru! Jagong dan Berwisata di Sukoharjo Syaratnya Sudah Vaksin

Pemkab Sukoharjo mensyaratkan wajib sudah divaksin bagi warga yang hendak menggelar dan menghadiri hajatan serta masuk ke tempat wisata.

Pemadaman Listrik Solo Hari Ini (16/10/2021), Daerahmu Terdampak?

Berikut jadwal pemadaman listrik di Solo hari ini, Sabtu (16/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam. Daerah mana saja yang terdampak?

Keraton Solo Ditegur Kemendikbud, Gibran: Dirjen Cipta Karya Sudah Cek

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku sudah membahas rencana revitalisasi Keraton Solo dengan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR.