SOLOPOS.COM - Sumber: bisnis.com

Solopos.com, SOLO — Saat malam Jumat tiba, umat Islam akan memperbanyak ibadah, seperti membaca Surat Yasin atau Surat Al-Kahfi hingga memperbanyak selawat dan zikir.

Jumat merupakan hari yang sangat dimuliakan Allah SWT. Dijelaskan oleh Al Imam al-Syafi’I dan Al-Imam Ahmad dari Sa’ad bin ‘Ubadah, di hari Jumat, Nabi Adam diciptakan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pada hari Jumat pula, Nabi Adam dimasukan ke surga serta di hari itu Nabi Adam dikeluarkan dari surga. Bahkan, ada yang menyebut kiamat akan terjadi pada Jumat.

Saking istimewanya hari ini, umat muslim banyak membaca Surat Yasin atau Surat Al-Kahfi saat malam Jumat tiba. Akan tetapi, banyak umat muslim yang belum mengetahui keutamaan membaca dua surat tersebut.

Baca Juga: Hukum Membaca Surat Yasin Saat Malam Jumat

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim) di situs resminya, yang diwakili oleh Pengasuh Ponpes Aswaja Sukolilo Surabaya, Kiai Ma’ruf Khozin, Surat Yasin lebih utama dibaca saat malam Jumat.

Sementara itu, Surat Al-Kahfi dibaca saat Jumat siang. Hal tersebut berdasarkan dua hadis yang ada di bawah ini.

“Barangsiapa membaca Surat Yasin dan Shaffat di malam Jumat maka Allah berikan permintaannya,” HR. Abu Dawud dari Ibnu Abbas.

“Barang siapa membaca Al-Kahfi di hari Jumat maka Allah akan memberi cahaya antara dirinya dan Ka’bah,” HR Al-Hakim dan Al-Baihaqi.

Baca Juga: Hukum Senam Yoga dalam Islam, Haramkah?

Bukan hanya membaca Surat Yasin saat malam Jumat dan Surat Al-Kahfi pada Jumat siang, umat Islam juga disarankan untuk berdoa di hari yang mulia tersebut.

Dari Abu Hurairah Ra, Rasullulah SAW menyebutkan tentang keistimewaan hari Jumat.

Baca Juga:  Apa Sebenarnya Hukum Merokok dalam Pandangan Islam?

“Di dalamnya terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba yang muslim tepat pada saat itu berdiri shalat meminta sesuatu kepada Allah, melainkan Allah pasti memberikan kepadanya.” Beliau pun mengisyaratkan dengan tangannya untuk menggambarkan sedikitnya (sebentarnya) waktu tersebut,” HR. Bukhari dan Muslim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya