SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Rangkaian acara Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) ke-16 malam nanti, (8/7), akan menampilkan empat kelompok gamelan.

Yang pertama tampil adalah Adkar Java Musik asal Jogja, dilanjutkan kelompok gamelan Alex Dea asal Amerika. Penampil ke tiga masih ada dari Amerika, Rene Lysloff, dilanjutkan Pusat Kesenian Balemong asal Ungaran. Sebagai penutup, akan ada kolaborasi empat kelompok gamelan tersebut.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Salah satu Manager YGF 2011, Setyaji Dewanto mengatakan, acara bertaraf internasional ini bertujuan untuk mempertemukan para pemain dan pecinta gamelan. Melalui acara tersebut peserta dapat berdialog dan menikmati keindahan musik gamelan baik yang masih tradisi maupun sudah dikolaborasikan dengan jenis musik lain.

“Selain itu tentu saja sebagai satu bentuk nguri-nguri kabudayan gamelan sebagai warisan budaya Jawa yang dimiliki Indonesia,” tandas Setyaji.

YGF resmi dibuka kemarin, (7/7) di Concert Hall, Taman Budaya Yogyakarta. Untuk menyaksikan acara ini pengunjung sama sekali tidak dipungut biaya.(Harian Jogja/Joko Nugroho)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya